Siap-siap, Bunga Bangkai dalam Pot akan Mekar Beberapa Hari Lagi

By Redaksi 02 Nov 2017, 00:06:16 WIB | dibaca: 266 pembaca 

Siap-siap,  Bunga Bangkai dalam Pot akan Mekar Beberapa Hari Lagi

BOGORnews.com ::: Amorphophallus Titanum atau yang biasa disebut bunga bangkai diperkirakan akan mekar dalam hitungan hari lagi. Untuk itu,  bagi Anda yang sedang berada di Kota Bogor,  siap-siap untuk menyaksikan keindahan dari bunga bangkai. Uniknya,  kali ini bunga bangkai ditanam di dalam pot.

Bunga bangkai ini merupakan koleksi tumbuhan Kebun Raya LIPI hasil eksplorasi dan penelitian antara Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI dan Kebun Raya Liwa Lampung di sebuah hutan lindung di kawasan Hutan Lindung di Lampung.

Amorphophallus titanum saat ini status kelangkaannya menurut PP No. 7 Tahun 1999 termasuk ke dalam jenis yang dilindungi dengan status konservasi vulnerable.

Peneliti PKT Kebun Raya LIPI Dra.Yuzammi M.Sc mengungkapkan bunga bangkai merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Araceae atau talas-talasan. Tumbuhan ini bisa tumbuh hampir pada semua kondisi alam Indonesia, asalkan tanahnya tidak padat dan mempunyai porositas yang bagus.

"Adapun jenis Amorphophallus titanum hanya ada di hutan-hutan di pulau Sumatera yang tersebar mulai dari Aceh sampai ke Lampung,"ujarnya.

Sampai saat ini, Indonesia mempunyai sekitar 26 jenis dari 220 jenis yg tersebar di seluruh dunia. Jumlah jenis bunga bangkai di Indonesia mungkin dapat bertambah lagi sejalan dengan penemuan jenis baru di alam.

“Keunikan Bunga Bangkai ini terdapat pada perbungaan yang terbesar di antara jenis-jenis bunga bangkai yang lainnya. Kebun Raya Bogor sendiri baru mengoleksi sekitar 11 jenis Amorphophallus” ujarnya.

Terkait dengan dikembangkannya bunga bangkai di dalam pot, Yuzammi mengungkapkan bahwa menumbuhkan di dalam pot hampir sama dengan menumbuhkannya di tanah. Namun yang perlu diperhatikan adalah besaran pot yang akan digunakan.

"Pot tersebut tentunya harus lebih besar dari umbi yg akan ditanam. Media yang dipakai merupakan campuran tanah dan kompos. Medianya harus poros, sehingga air tidak menggenang bila disiram, "jelasnya.

"Setelah berbunga, umbi akan memasuki fase dorman, maka sebaiknya umbi dikeluarkan dulu dari pot dan sebaiknya media diganti sehingga unsur-unsur makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dapat tersedia," pungkasnya *(Dimas Ferry)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article
  • Program Kasir

    Makin rusak aja nih pergaulan anak zaman sekarang. Harusnya ada program atau aturan ...

    View Article
  • Harga Speaker Terbaik

    Harga Speaker Terbaik ...

    View Article


BOGOR WEBSITE