PKSPL IPB Gelar Diskusi Ilmiah Bahas Pembangunan Ekonomi Kelautan

By Redaksi 01 Mar 2018, 10:16:43 WIB | dibaca: 248 pembaca 

PKSPL IPB Gelar Diskusi Ilmiah Bahas Pembangunan Ekonomi Kelautan




<.br>

BOGORnews.com:::Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB mengelar Diskusi Ilmiah Rutin dengan tema Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Pembangunan Ekonomi Kelautan. 

Seminar yang dibuka oleh Kepala PKSPL Dr.  Ari Damar,  MSi, menghadirkan  pakar-pakar dan stakeholder kelautan di tingkat daerah dan nasional. Sebut saja Seketaris  Menteri PAN,  Gellwynn Daniel HY, Deputi III Bidang Kordinasi Infrastruktur,  Ridwan Djamaluddin dan Guru Besar Kebijakan Ekonomi Kelautan IPB,  Tridoyo Kusumastanto. 

Hasil seminar akan dipublikasi dan disampaikan kepada pengambil kebijakan sehingga diharapkan menjadi salah satu pendorong pembangunan ekonomi kelautan di Indonesia

Seri seminar nasional ini dilaksanakan setiap tiga bulan selama tahun 2018 hingga 2019. Seri seminar nasional ini merupakan upaya pengarusutamaan pembangunan sektor kelautan di Indonesia yang selama ini masih belum diimplementasikan dengan baik. 

Diskusi yang dilakukan pada hari ini dan pada series berikutnya akan memperkuat platform ekonomi kelautan Indonesia dan tatakelolanya yang mempertimbangkan karakteristik sosial dan ekologi sumberdaya laut tropis sebagai ciri khas Indonesia.

Seri pertama seminar nasional yang dilaksanakan hari ini membahas state of the art pembangunan ekonomi kelautan Indonesia hingga saat ini dengan meninjau platform ekonomi kelautan, kebijakan dan sistem penganggaran berbasis ekonomi kelautan yang diberlakukan selama ini.

Pada seminar selanjutnya akan dibahas tujuh spektrum ekonomi kelautan secara bergantian.  Spektrum ekonomi perikanan, ekonomi pariwisata bahari, ekonomi transportasi laut akan dibahas pada tiga diskusi ilmiah di tahun 2018. Selama tahun 2019 akan dibahas empat spektrum lainnya, yaitu: ekonomi ESDM lepas pantai, ekonomi industri maritim, ekonomi bangunan kelautan dan ekonomi jasa kelautan. 

Output dari seri seminar nasional ini adalah publikasi tentang status ekonomi kelautan Indonesia yang akan dirilis pada akhir tahun 2018 dan 2019. Selain itu hasil dari seri seminar nasional ini diharapkan dapat menjadi embrio hadirnya “buku putih” Ekonomi Kelautan Indonesia yang dapat menjadi referensi utama pembangunan ekonomi kelautan untuk mendorong percepatan pembangunan nasional.(DF) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article
  • VIDEO MARKETING

    sure, first-rate US military pressure. also, in his put up you have given a danger ...

    View Article