Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Guru besar IPB Minta Manfaatkan Perkarangan

By Redaksi 05 Jun 2017, 09:42:35 WIB | dibaca: 384 pembaca 

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Guru besar IPB Minta Manfaatkan Perkarangan

Dewan Guru Besar IPB, Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin

BOGORnews.com ::: Dewan Guru Besar IPB, Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin mengatakan pentingnya hamonisasi hubungan manusia dengan alam guna menciptakan keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup pada ekosistem tanah, air dan udara. Dalam kontek agama, hal tersebut sudah dijelaskan dengan cukup detail.

"Dalam lslam, kita mengetahui adanya hablum minalah, hablum minannas, habium minal alam. Begitu juga masyarakat Hindu Bali dengan fiosofi Tri Hita Karana meliputi parahyangan, pawongan, pelemahan,"ujarnya saat acara Temu Media, Minggu (04/06/2017) menjelang Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 yang kali ini mengusung tema Berhubungan Dengan Alam.

Dia menambahkan, pada hablum minal alam, juga palemahan, dinyatakan dengan jelas adanya hubungan yang erat antara manusia dan alam.

"Hubungan dalam hal memperhatikan, melindungi, menjaga dan mengelola serta memanfaatannya secara bijak. Tema Berhubungan dengan Ala' benar-benar menyadarkan kita semua,akibat kelalaian manusia dalam mengekploitasi alam secara berlebihan telah mengakibatkan bencana dan kerusakan lingkungan di muka bumi, "tandasnya.

Keseimbangan hubungan manusia dengan alam sekitanya lanjutnya, bisa diakukan mulai dari lingkungan terdekat kita, yaitu pekarangan.

"Sesempit apa pun pekarangan kita, bisa bermanfaat dalam mendekatan hubungan manusia dengan alam Dalam pekarangan sempit di perkotaan, kita bisa menata dengan tanaman dalam pot (tabulampot, container gardens, planter box garden), mendesain dengan taman gantung (hanging garden, taman dinding (wall garden).
taman balkon (balcony garden, taman depan atau belakang jendela (window garden) , taman, atap (roof garden) yang dilakukan secara vertikal ke atas yang disebut dengan desain vertical gardens baik dengan media tanah, atau media air (hydoponie) atau media udara (aeroporic), "pungkasnya. *(Dimas Ferry)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO

    Very efficiently written information. It will be beneficial to anybody who utilizes ...

    View Article
  • Pakar SEO

    I just want to say thank you for the outstanding service and opportunity you have ...

    View Article
  • Jasa SEO

    You have a very interesting blog, and yes, I love the traditional Chinese language ...

    View Article


BOGOR WEBSITE