Nikah Muda di Mata Negara

By Redaksi 13 Mei 2018, 16:42:58 WIB | dibaca: 139 pembaca 

Nikah Muda di Mata Negara




<.br>

BOGORnews.com ::: Ketika sejoli menjalin asmara, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Ada yang berpisah setelah beberapa tahun bersama. Ada pula yang memutuskan naik ke pelaminan, walaupun baru enam bulan menjalin hubungan. Beberapa dari mereka adalah remaja yang seharusnya masih mengeksplorasi masa mudanya.

Nikah muda memang menjadi tradisi pada zaman Nabi. Namun, suatu hal yang lintas zaman sepatutnya tidak bisa disama-samakan. Pada tahun 1970, istilah nikah muda berkisar dari usia 18 tahun atau setelah lulus SMA. Dan kisarannya meluas di tahun 2017, usia 22 tahun saja sudah dibilang nikah muda.

Menurut Drs. Adam, penghulu seniordi KUA Pasar Minggu, pasangan dikatakan menikah muda ketika kedua mempelai berada pada usia minimal sebuah perkawinan yaitu perempuan 17 tahun dan laki-laki 19 tahun. Pasangan muda yang kerap Adam nikahi kebanyakan hanya lulusan SD dan SMP.

Mereka yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah, masih berpacuan pada adat dan istiadat. Seperti Kurniyawati yang juga menikah muda “Iya wakktu itu udah dibawain uang, dilamarnya secara surprise. Kalau kata orang pamali kalau ga buru-buru nikah,” kata Kurniyawati. Perlu diketahui, nikah muda dengan keadaan seperti ini pastinya akan berdampak pada banyak hal.

Tingginya angka perkawinan usia anak akan menghambat rencana pemerintah dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Anak yang menikah belia di daerah, akan mempersingkat usia produktif mereka. Belum lagi tingkat pendidikan yang rendah. Dan keadaan ini akan berdampak pada angka pengangguran.

Faktor usia produktif yang menurun juga bisa terjadi pada sang istri. Ketika ia hamil misalnya. Setidaknya beberapa bulan akan dihabiskan untuk cuti hamil. Bagaimana dengan mereka yang berusia 17 sampai 20 tahun? Di awal karier yang harusnya dirintis dengan fokus, malah sudah mengambil cuti hamil.

Selain itu, angka fertilitas suatu negarapun akan meningkat. Angka fertilitas Indonesia sebesar 2,60 per tahun 2012 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik. Jika dibandingkan dengan Jepang, angka kelahiran totalnya hanya 1,39 atau satu anak per wanita. Hal ini dapat dikatakan lumrah karena usia perkawinan di Jepang jauh berbeda dengan di Indonesia. Bisa dibayangkan dengan wanita Indonesia yang menikah muda. Jangka waktu keproduktifitasannya lebih panjang.

Nikah muda juga berdampak pada beberapa pasutri. “Pasti lebih beresiko karena pikirannya belum matang dan emosi belum bisa dikontrol,” tambah Drs. Adam melalui percakapan telepon. Banyak tantangan psikologi pada pasangan yang melakukan nikah muda. Menurut psikologi, usia 18 sampai 23 tahun merupakan usia dewasa muda di mana mereka masih dalam tahapan trial and error (mencoba-coba) dalam menjalani kehidupan sendiri. Jika salah satu tidak bisa menaggulangi tahapan tersebut, KDRT tak terelakkan.

Hubungan orang tua yang retak, akan memberikan dampak psikologi yang buruk pada anaknya. Kesejahteraan ekonomi suatu keluarga yang menurun. Alhasil, anak tidak mendapat pendidikan moral dan formal yang tepat. Dengan begitu, negara akan kekurangan SDM yang berstandar baik.

Dapat ditarik kesimpulan, nikah muda akan banyak merugikan negara secara tidak langsung. Masa muda yang bisa dihabiskan untuk bersenang-senang dan bereksperimenpun tidak akan ada lagi.Gimana masih mau nikah muda?

Penulis :
Zhafira Chlistina, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article