Kebiasaan Salah yang Masih Dilakukan Setelah Makan

By Redaksi 13 Mei 2018, 16:24:20 WIB | dibaca: 138 pembaca 

Kebiasaan Salah yang Masih Dilakukan Setelah Makan




BOGORnews.com ::: Es teh atau teh hangat menjadi salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setelah makan. Alasannya simpel yaitu harga minuman tersebut tidak terlalu mahal tetapi berasa dan segar. Beberapa tempat makan juga menyediakan paketan makanan dengan minuman es teh atau teh hangat. Tak ketinggalan, ada tempat makan yang memberikan minuman tersebut secara cuma-cuma.

Maka tak heran, jika teh masih menjadi primadona bagi konsumen setelah makan. Tetapi tahukah kamu? minum teh di waktu tersebut merupakan kebiasaan yang salah. Pasalnya, teh dapat menggagalkan tubuh kita untuk melakukan penyerapan protein dan zat besi yang telah dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi.

Seperti dilansir dari hellosehat.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tannin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi. Pasalnya, asam tannin dan polifenol akan mengikat kedua zat gizi ini di dalam usus.

Akibatnya tubuh tidak akan bisa menyerap dan mengurai zat-zat ini. Padahal, kita membutuhkan protein dan zat besi untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Kegunaannya antara lain adalah membentuk jaringan dan sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyediakan sumber energi, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

“Penyerapan zat besi yang terhambat dapat membuat defisiensi zat besi sehingga terjadi anemia,” ungkap Farah, mahasiswa Jurusan Gizi Universitas Indonesia.

Anemia adalah sebuah penyakit kekurangan sel darah merah yang akan sangat berisiko jika dialami oleh ibu hamil. Tak hanya sang ibu yang akan merasa cepat lelah dan sering sakit kepala, tetapi bayinya juga akan ikut kena imbasnya. Kesehatan si calon bayi di dalam kandungan pun akan ikut terganggu.

Selain itu, bayi akan berpotensi lahir dengan keadaan neural tube defects atau lahir cacat di bagian otak dan tulang belakang. Hal ini dapat terjadi karena masih ada hubungannya dengan zat besi yang tak dapat terserap secara sempurna.

Maka dari itu, mari kita menghentikan kebiasaan meminum teh setelah makan. Dan mulai melakukannya di waktu yang tepat yaitu satu jam sebelum makan atau di sela-sela waktu makan.

Penulis
Neneng Hasanah, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article