Digempur Produk Taiwan, Pengrajin Sendal Rumahan di Cikaret kian Tergerus

By Redaksi 08 Apr 2018, 03:51:08 WIB | dibaca: 98 pembaca 

Digempur Produk Taiwan, Pengrajin Sendal Rumahan di Cikaret kian Tergerus




<.br>

BOGORnews.com:::Pesatnya perkembangan industri modern di dalam negeri dan membanjirnya produksi luar negeri terutama barang-barang dari Cina, Taiwan, Hongkong dan Singapura, membuat industri sepatu dan sandal rumahan mulai tergerus. 

Tak terkecuali Kawasan Kelurahan Cikaret,  Bosel yang sejak dulu dikenal dengan para pengrajin sepatu dan kat sandal. 

Tidak sedikit para industri rumahan ini kehabisan modal karena harga dari pembeli begitu pas - pasan bahkan tidak ada untungnya bagi pengrajin sepatu dan sendal, sehingga harus mentenderkan usahanya ke pihak ketiga.

"Sekarang itu perusahaan yang order barang ngasih uangnya pas - pas dengan harga bahan baku barang. Mereka sudah tau harga bahan baku yang dibeli oleh pekerja. Jadi tidak ada untungnnya malah sampai nombokin. Bukannya untung malah buntung," ucap Inin salah satu tokoh masyarakat kepada calon Wali Kota Bogor nomor urut satu, Achmad Ru'yat saat blusukan sapa warga di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Sabtu (07/04/2018).

Inin berharap, ketika pasangan RZ memimpin, persoalan warganya ini bisa diperhatikan dan diberikan solusi yang terbaik, terutama bisa memberikan bantuan permodalan bagi industri rumahan yang ada diwilayahnya. 

"Mudah - mudahan pasangan RZ bisa terpilih, saya mewakili para UMKM disini berharap ada solusi dari Pemerintah Kota untuk menyikapi persoalan warga, karena usaha industri rumahan inilah yang menjadi mata pencaharian warga," harap Inin kepada calon yang berpasangan dengan Zaenul Mutaqin (ZM) ini.

Menyikapi persoalan warga yang menyampaikan langsung aspirasinya, Achmad Ru'yat merasa prihatin. Menurutnya, disinilah Pemerintah Kota harus hadir serta ikut membantu dan memonitor industri rumahan yang ada di Kota Bogor, agar tidak ada campur tangan dari pihak ketiga yang merugikan industri rumahan. 

"Persoalan warga ini menjadi perhatian khusus bagi pasangan RZ. Nanti, ketika pasangan RZ terpilih kita buat kolaborasi antara Pemerintah Kota dengan stakeholder lainnya untuk membantu para industri rumahan ini. Seperti mengumpulkan dana CSR dan sebagainya sehingga persoalan warga terutama terkait permodalan itu bisa dibantu dan dikembangkan," terang Achmad Ru'yat. 

Selain kolaborasi untuk permodalan, politisi yang diusung oleh PKS, PPP dan Gerindra itu menambahkan, pasangan RZ sudah memiliki program bagi UMKM, dimana akan ada pendampingan seperti pembinaan kewirausahaan sampai penyaluran hasil produk - produknya.

"Kita juga punya program Bogor Digital, jadi nanti hasil produk dari UMKM ini kita salurkan melalui Bogor Digital agar bisa tersebar luas melalui online sehingga UMKM pun usahanya bisa maju dan terus berkembang," kata Achmad Ru'yat.(Rls/DF). 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Organic SEO Service

    If you want to stay ahead in the modern online rat race, you have to up ...

    View Article
  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article