Cisadane Kritis, 50 Komunitas Tanam Ribuan Pohon Bungur

By Redaksi 29 Jan 2018, 22:42:52 WIB | dibaca: 312 pembaca 

Cisadane Kritis, 50 Komunitas Tanam Ribuan Pohon Bungur




<.br>

BOGORnews com  ::: Rancabungur - Pemerintah Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, berkolaborasi dengan 50 komunitas se-Jabodetabek, menanam 1.500 bibit pohon bungur di areal "Desa Wisata Paniisan" dan Daerah Aliran Sungai Cisadane, Sabtu (27/1/2017)

Penanaman pohon endemik khas Rancabungur terlaksana  berkat adanya dukungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Batalyon-14 Grup-1 Kopassus, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Bogor, dan
Korem 061/Suryakencana.

Selanjutnya, Perhutani, Basarnas, BPBD Bogor, Baraya Kujang Pajajaran, PKPU Human Initiative, Yayasan At-Tawassuth, Ekowisata Gunung Karst Ciampea, Citra Farm, Menwa Mahawarman IPB, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Wild, BSMI, Kali Baru, Cisadane Rafting, Bogor Sahabat, Dompet Duafa, Karinding Wates, Lebah Bogor Raya, Bogor Salaka, dan puluhan komunitas lainnya se-Jabodetabek.

Kepala Desa Rancabungur, Sumantri, selaku ketua panitia kegiatan bertajuk "Lulugu Puseur Cisadane" mengatakan, penanaman ribuan pohon endemik sebagai upaya menghijaukan areal DAS Cisadane yang kritis dan melestarikan kawasan Kecamatan Rancabungur.

Selain menanam pohon, 50 komunitas yang terlibat dalam aksi peduli ini juga menebar 1.000 benih ikan dan membersihkan sampah-sampah di bantaran sungai dengan menurunkan 15 buah perahu.
Ketua Karang Taruna Tunas Muda Rancabungur, Mubarok mengatakan, "Lulugu Puseur Cisadane" sebagai upaya menjaga alam agar lestari.

"Kegiatan ini sebagai ikhtiar pelestarian alam, seni dan budaya, serta soft launching Desa Wisata Paniisan dengan ikon karinding," ujar Mubarok.

Perwakilan Batalyon-14 Group-1 Kopassus, Kopka Darmawan menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan IPB yang membantu 1.500 bibit bungur.

"Pohon Bungur jenis tanaman endemik. Tanaman ini sudah lama punah di Rancabungur. Sekarang kami tanam 1.500 bibit, sumbangan IPB," tegas pegiat Gunung Karst Ciampea ini.

Humas Lulugu Puseur Cisadane, Ahmad Fahir menambahkan, kolaborasi 50 komunitas tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk menghijaukan kembali DAS Cisadane dan lingkungan Kecamatan Rancabungur.

"Kegiatan ini merupakan aksi spontan berbagai elemen masyarakat untuk menggugah semua pihak agar peduli DAS Cisadane. Jangan menunggu bencana untuk peduli," ujar ketua Yayasan At-Tawassuth.

Fahir yang juga pegiat budaya Sunda mengharapkan, ke depan semakin banyak elemen masyarakat bahu membahu terlibat menjaga pelestarian ekosistem DAS Cisadane dan hidup sehat bersahabat dengan sungai.

Penasehat panitia, Gatut Susanta, mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam aksi di Rancabungur, yang memadukan antara dimensi sen dan budaya, alam, dan tanggap bencana.

"Kegiatan ini memberikan dorongan semangat bagi yang sudah aktif dalam giat pelestarian alam dan saat bersamaan menumbuhkan motivasi bagi yang lain untuk peduli. Dengan kolaborasi, gerakan menjadi massif dan besar, sehingga berdampak lebih nyata," ujar Gatut.

Kepala Operasi PKPU Human Initiative, Subur, selaku salah satu lembaga tanggap bencana yang mendukung kegiatan, menyampaikan apresiasi atas gagasan Kepala Desa Rancabungur, Sumantri.

"Kegiatan ini sangat positif dalam upaya menanamkan kesadaran kepada masyarakat luas agar peduli terhadap kelestarian DAS Cisadane dan kelangsungan ekosistemnya," ungkap Subur.

Sebagai lembaga kemanusiaan nasional, lanjut Subur, PKPU akan mendukung berbagai inisiatif gerakan penyelamatan alam yang dimotori masyarakat.

Kegiatan Lulugu Puseur Cisadane diikuti 200 orang mewakili 50 komunitas lebih, dan dibuka oleh Komandan Korem 061/Suryakencana, Kolonel Inf. Hasan. (*)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Organic SEO Service

    If you want to stay ahead in the modern online rat race, you have to up ...

    View Article
  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article