BIG Berikan Penghargaan Untuk Pemda Inovatif Memanfaatkan IG

By Redaksi 07 Sep 2017, 23:29:53 WIB | dibaca: 247 pembaca 

BIG Berikan Penghargaan Untuk Pemda Inovatif Memanfaatkan IG

BOGORnews.com ::: Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan penghargaan kepada kota/Kabupaten di Indonesia yang inovatif memanfaatkan Informasi Geospasial (IG)

Deputi Informasi Geospasial BIG Adi Rusmanto menjelaskan, tujuan diadakan penghargaan inovasi pemanfaatan IG ini untuk memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten/Kota yang berhasil melakukan upaya inovatif pemanfaatan IG dalam tata kelola pemerintahannya.

Dengan begitu sambung Adi,  pemerintah daerah dapat lebih cepat melayani masyarakat. Misalnya mempercepat proses pembuatan perizinan usaha, atau memetakan sarana kesehatan dan rumah warga tidak mampu.  

Dari 514 Kabupaten/kota terpilih 10.Kota/Kabupaten yang menjadi nominator dalam inovasi nemanfaatkan IG untuk mendukung pembangunan dan tata kelola daerah.

Selanjutnya ke-10 Kota/kabupaten tersebut diundang oleh BIG untuk memaparkan aplikasinya, kemudian dipilih menjadi 6 terbaik.

“Inovasi yang dimiliki semua peserta bagus-bagus. Tetapi Hanya 25 inovasi yang cukup unik dan bagus. Lalu kami saring lagi menjadi 10,” kata Adi Rusmanto, didampingi Kepala Pusat Standarisasi Kelembagaan BIG Suprajaka, Rabu (6/9/2017)

Ke-10 Pemda tersebut adalah Kota Bandung (Bandung Smart Map), Kabupate Banyuwangi (Banyuwangi Geographic Information System atau Bageos), Kota Bogor (Sistem Informasi Perencanaan Pemanfaatan dan Pengendalian Ruang atau SIP3R), Kabupaten Jepara (e- SINGMANTAP), Kota Manado (Digital Data dan Informasi Berbasis Geospasial Terpadu dan Terkoneksi Kotaku Manado).

Lalu Kota Pekanbaru (Redefine Rumbai Optimizing Service), Kota Semarang (Penanganan Keluhan Masyarakat Dalam Proses Keterangan Rencana Kota Melalui Teknologi Informasi Geospasial), Kabupaten Sragen (Informasi Bumi Sukowati), Kota Surabaya (Surabaya Integrated Geographic Information System, Peta Peruntukan, Pengelolaan Tanah Aset Pemkot Surabaya Berbasis Web Informasi Geospasial, Web SIAGA112) dan Kabupaten Temanggung (Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah Kabupaten Temanggung). *(ian)







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Harga Speaker Aktif

    Harga Speaker Aktif https://goo.gl/KT7Ahy https://goo.gl/snxmFH https://goo.gl/b1QvYs ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif 15 Inch

    Harga Speaker Aktif 15 Inch ...

    View Article
  • Speaker Aktif Simbadda

    Speaker Aktif Simbadda ...

    View Article


BOGOR WEBSITE