Benarkah Mie dan Cokelat Tak Bisa Dimakan Bersama?

By Redaksi 13 Mei 2018, 23:32:10 WIB | dibaca: 89 pembaca 

Benarkah Mie dan Cokelat Tak Bisa Dimakan Bersama?




BOGORnews.com ::: Mie dan cokelat menjadi makanan populer yang disukai oleh banyak masyarakat. Karena rasanya yang enak dan selalu menggoda, tentunya mie dan cokelat ini selalu melekat di hati para pecintanya.

Namun, tanah air sempat digegerkan dengan isu makanan populer nan lezat ini. Dalam sebuah broadcast message di salah satu media sosial terdapat sesosok wanita yang meninggal mengenaskan setelah mengonsumsi mie instan dan cokelat.

Isu mie dan cokelat tersebut menimbulkan keresahan di dalam lapisan masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa mie dan cokelat adalah dua hal yang berbahaya apabila dikonsumsi secara bersamaan. Mereka lebih memilih untuk menghindari menyantapnya daripada mencari tahu kebenarannya.

“Kalau sehabis makan mie, gak boleh makan cokelat. Waktu itu katanya ada yang meninggal gara-gara habis makan mie langsung makan cokelat,” tutur Putri salah satu mahasiswa yang beranggapan mie dan cokelat tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan.

Dalam berita tersebut juga dikatakan bahwa wanita itu sangat menyukai cokelat. Namun, sontak setelah mengonsumi keduanya itu, ia dikatakan mengalamai kerusakan lima panca inderanya.

Walaupun isu tersebut telah tersebat luas, sebaiknya kita menelaah bagaimana fakta sesungguhnya.

Manfaat cokelat untuk tubuh

Dalam sebuah kandungan cokelat dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut spesialis gizi Dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi MARS, MS, SpGk dalam sebuah acara kesehatan di salah satu stasiun televisi swasta, ia menuturkan dengan jelas bahwa cokelat memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Diantaranya dapat mengurangi risiko kanker, kemudian mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh serta cokelat juga  dapat mengurangi risiko serangan jantung. Cokelat juga dipercaya dapat menjadi obat anti depresi.

Namun, selain cokelat murni ternyata cokelat dalam jenis lain juga dipercaya memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi, seperti yang terdapat pada cokelat kemasan.

Kandungan mie

Berbeda dengan cokelat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.  Mie instan sendiri justru memiliki kandungan yang cenderung merugikan tubuh ketika kita saat mengonsumsinya.  

Dalam mie instan, kandungan yang paling berbahaya adalah zat pengawetnya. Zat itu adalah natrium. Menurut Indah Sulianti, ahli gizi Rumah Sakit Pasar Rebo mengatakan terdapat beberapa kasus yang mengalami ususnya pecah karena terlalu banyak mengonsumsi mie. Proses rusaknya itu diakibatkan natrium yang mengendap di dalam tubuh.

Bukan hanya terdapat di dalam kandungan mie instan, tetapi natrium terdapat hampir di semua makanan kemasan. Apabila dikonsumsi seara berlebihan dan terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Kemudian siapa yang tak mengenal msg, bahan ini ketahui sebagai bahan penguat rasa yang terdapat dalam bumbu mie instan. Msg dalam mie instan juga diketahui memiliki jumlah yang cukup tinggi. Semua bahan yang terkandung dalam mie memiliki dampak  negatif bagi kesehatan tubuh, terutama saat mengonsumsinya secara berlebihan.

Selain memiliki kandungan yang dapat merugikan tubuh, mengonsumsi mie instan akan berdampak negatif bagi tubuh.  Hal itu terjadi karena mie tidak dapat langsung dicerna dan diproses oleh tubuh. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Dr. Joseph Mercola.

Mercola membuat penelitian dengan cara memasukan kamera kecil seperti pil ke dalam tubuh yang telah mengonsumsi mie instan. Kemudian, kamera kecil tersebut merekam mie instan utuh di dalam tubuh yang telah dikonsumsi selama dua jam sebelum penelitian dilakukan. Setelah diketahui, ternyata mie instan tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa mie instan tidak baik untuk tubuh.

Jadi dapat diketahu sebenarnya apa yang terjadi dalam kasus wanita yang diisukan meninggal akibat mengonsumsi mie dan cokelat bukan karena reaksi racun yang menyatu antara mie dan cokelat. melainkan lebih menjurus kepada dampak kolesterol yang menumpuk akibat terlalu sering mengonsumsi cokelat.

Kemudian hal itu juga terjadi karena zat natrium dari pengawet mie instan menempel pada pembuluh darahnya. Bukan karena reaksi kimia antara cokelat dan mie. Jadi menurut Dr. Cindiawaty Josito, ia menegaskan bahwa tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa mie instan tidak dapat dikonsumssi bersaman dengan cokelat.

Penulis : 
Kireina Suci Cahyani, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article