Anggota DPRD Madina Serap Aspirasi Masyarakat

By Redaksi 08 Jan 2018, 21:55:03 WIB | dibaca: 175 pembaca 

Anggota DPRD Madina Serap Aspirasi Masyarakat

Anggota DPRD Mandailing Natal (Madina) Ludfan Nasution

BOGORnews.com ::: Reses Anggota DPRD Mandailing Natal (Madina) Ludfan Nasution menyerap aspirasi masyarakat  terkait  Peraturan Daerah tentang penguatan adat Mandailing.

Selain dihadiri ribuan warga Kelurahan Kotasiantar, dalam reses  dirangkai dengan prosesi agama 'mangido doah' . Sekain Itu  kedatangan sembilan kepala desa dan sembilan raja 'torbing balok' (seputaran) Harajaon Hutasiantar.

Kesembilan ‘Raja-raja torbing balok’ yang hadir itu ialah Raja Pidoli Lombang, Pidoli Dolok, Gunung Tua, Panyabungan Tonga, Panyabungan Julu, Panyabungan Jae, Salambue, Runding dan Hutabargot.

Dalam kesempatan itu raja-raja adat itu menyampaikan sejumlah gagasan segar, salah satunya adalah aspirasi penguatan adat-istiadat.

Ludfan Nasution mengungkapkan di bilangan Dalanlidang Panyabungan dirinya sengaja memanfaatkan kesempatan reses itu seoptimal mungkin. Salah satunya, menyerap sebanyak mungkin aspirasi, utamanya yang terkait dengan isu-isu yang selama ini terpinggirkan di Daerah Pemilihan Mandailing Natal 1 yang mencakup Kecamatan Panyabungan Barat, Panyabungan Timur dan Panyabungan.

“Selama ini, saya melihat banyak aspirasi dari unsur-unsur masyarakat yang belum tersentuh, termasuk yang terpinggirkan (marjinal). Salah satunya, terkait dengan penguatan adat-istiadat, pengaturan tentang hukum adat dan hak ulayat,” tambah anggota dewan pengganti antar waktu (PAW) HM. Ja’far Sukhairi Nasution yang sekarang sudah menajabat sebagai Wakil Bupati Mandailing Natal ini.

Dia menyebutkan juga, karena itulah dirinya bertekad untuk, selain mengundang sebanyak sembilan kepala desa dan sekretaris desa sekitar, juga mengupayakan agar sembilan raja yang berada di sekitar kampung kelahirannya, Hutasiantar yang dalam administrasi pemerintahan berganti nama menjadi Kelurahan Kotasiantar, hadir dalam reses itu.

“Alhamdulillah, kesembilan Raja Torbing Balok Hutasiantar dapat hadir dalam reses itu dan mengutarakan betapa perlunya upaya penguatan adat, khusunya hak ulayat. Nah, ini saya apresiasi sebagai sebuah inisiasi (keinginan) untuk melindungi dan menguatkan semua elemen masyarakat yang ada,” imbuhnya.

Salah satu bentuk perlindungan dan penguatan adat itu adalah pembuatan Peraturan Daerah (Perda). Nantinya, ada yang secara khusus dapat mengadvokasi kepentingan kelompok masyarakat atau komunitas yang masih memiliki dan menjalankan adat-istiadatnya, yakni keluarga keturunan raja-raja sekitar Kotasiantar.

Dalam reses itu, tampak hadir juga pengurus dan kader-kader PKB tingkat kabupaten dan kecamatan, pengrus GP Ansor Madina, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Madina serta sejumlah tokoh dan ribuan warga Kelurahan Kotasiantar, partisipan partai berlambang sembilan bintang tersebut.

Raja Adat Mandailing dari Harajaon Hutasiantar, Patuan Mandailing atau Hasanul Arifin Nasution menyampaikan ungkapan terimakasih karena Halaman Bolak dan Sopo Godang Hutasiantar kembali menjadi tempat bertemu ribuan masyarakat setelah 72 tahun.

“Silang sae hutang ni banua Kota Siantar kembali difungsikan sebagai tempat menyampaikan keluh kesah, menyampaikan hata olos, hata andung berupa aspirasi kepada penguasa atas problema kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, dengan reses ini, segala aspirasi berupa usulan pembangunan infrastruktur, pembinaan sosial kemasyarakatan dan usulan regulasi, seperti peraturan daerah yang mengatur sistim sosial di dalam masyarakat dan penguatan adat-istidat.

Sementara dari Harajaon, Baginda Kari Manonga Nasution menyampaikan agar pemerintah membuat Perda tentang Hukum Adat.

Hasil  reses ini akan dituangkan dalam bentuk pokok-pokok pikiran DPRD dan diserahkan langsung kepada Bupati melalui Bappeda Kabupaten Madina sebagai bahan masukan awal penyusunan Rancangan APBD 2018. (*)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Mrs Limasly

    Cara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah ...

    View Article
  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article


BOGOR WEBSITE