3 Trik Guru Mengajar Matematika

By Redaksi 13 Mei 2018, 16:16:35 WIB | dibaca: 181 pembaca 

3 Trik Guru Mengajar Matematika

BOGORnews.com ::: Mendengar kata “Matematika”, apa yang Anda pikirkan? Pelajaran sulit, banyak angka, rumus yang sukar, membosankan. Itu semua merupakan jawaban mereka yang tidak menyukai pelajaran berhitung tersebut.  

Melansir dari laman kompasiana.com,  menurut hasil survey Programme for International Student Assessment (PISA) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD) yang dilakukan pada 65 negara di dunia tahun 2012, mengatakan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia menduduki peringkat bawah dengan skor 375.  

Kaum yang tidak menyukai matematika bukan hanya siswa remaja, melainkan anak pun sudah merasakannya. Sejak kecil sudah menganggap berhitung itu sebagai momok mengakibatkan anak tidak lagi memiliki daya tarik untuk mempelajarinya.

Menurut Annisa Rahmalia Agustina Setiono , seorang sarjana Psikologi Universitas Indonesia, faktor anak tidak menyukai matematika adalah adanya rumus pasti dan tetap yang membuat anak tidak dapat mengeksplor bebas daya fikirnya. Mereka seakan didikte.

Sedangkan bagi anak yang menyukai matematika, mereka memiliki ruang khayal yang cukup untuk dapat menyelesaikan soal angka tersebut dan dianggap menarik.

Jika sudah seperti itu, peranan guru sangatlah penting. Apa saja yang harus dilakukan guru agar murid menyukai matematika?

1. Suasana Kelas yang Menarik

Melihat angka yang berjajar tentunya memberikan efek bosan. Oleh karena itu, guru harus mampu menciptakan kelas yang aktif dalam belajar angka-angka tersebut. Tidak hanya duduk diam di bangku dengan tangan terlipat di meja dan mendengar guru menjelaskan. Buatlah angka-angka tersebut menjadi sebuah permainan.

2. Mengingat Rumus Dengan Mudah

Pada umurnya, anak lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang mencolok seperti warna, bentuk, rasa dan kata dibanding dengan angka. Maka bagi guru, carilah cara agar rumus tidak terlihat membosankan. Gunakan istilah-istilah aneh dan lucu dalam menerangkan rumus tersebut.

3. Memberikan Semangat Positif

Matematika hanya memiliki jawaban pasti. Selain jawaban itu sudah dapat dipastikan salah. Oleh karenanya, tak sedikit anak yang mendapat nilai kecil. Melihat keadaan seperti ini, diharapkan adanya dorongan dari guru. Membangkitkan kembali semangat anak dan membantunya mendapat nilai yang lebih baik.

Ketiga cara di atas diharapkan mampu diterapkan saat mengajar sehingga dapat meningkatkan daya tarik anak terhadap matematika. Sebab, pelajaran berhitung banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis
Tri Puspita Ramadhani, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE