Tingkatkan Partisipasi Pemilih KPU Bekali Relawan Demokrasi

BOGORnews,== Guna meningkatkan partisipasi pemilih dan menekan angka golput  (glongan putih) pada Pemilu Legislatif 2014,  Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor memberikan pembekalan kepada Relawan Demokrasi (Relasi) di Sekretariat KPU, Jalan Gunung Gede Kota Bogor, Rabu (22/1/2014).
    
Sekitar 25 orang Relasi akan membantu KPU mensosialisasikan berbagai program KPU di berbagai tataran pemilih  yakni pemula, agama, etnis, disabilitas dan pinggiran.
    
Ketua KPU  Kota Bogor, Unang Suryatna mengakui, bahwa golput dalam setiap kegiatan pemilu menjadi trend. Sejak  pemilu pertama tahun 1955  hingga tahun 2009, baik Pilpres, Pilkada dan Pileg mengalami tingkat partisipasi pemilih mengalami
    
“Angka  golput akan  akan terus meningkat  jika tidak disikapi dengan serius dan merupakan tugas kita semua,  Sementara target partisipasi yang dicanangkan KPU Pusat  sekitar 75 %, sedangkan KPU Jawa Barat, 76 persen, “ jelas Undang,
    
 Undang memaparkan untuk pemilu  mendatang, sistim pemilihan dengan dicoblos tidak dicontreng. Dalam surat suara hanya tercantum nama dan nomor. Sedangkan DPD terpampang gambar dan nomor urut.
    
Hal senada diungkapkan  Wakil Ketua KPU Bidang Sosialisasi, Bambang Wahyu. Menurut Bambang, peran serta  Relasi dalam meningkatkan partsipasi pemilih menjadi sangat strategis dan penting berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2014 nanti.
    
“Kita harus tetap optimis, bahwa Pemilu  mendatang akan lebih baik dari yang sebelumnya, baik tingkat partisipasinya maupun penyelenggaraannya agar bisa bisa berjalan lancar dan sukses, “pungkasnya.(redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button