Sukseskan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh, PPMKP Gencarkan Sosialisasi

By Redaksi 11 Feb 2022, 17:51:42 WIB Pendidikan
Sukseskan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh, PPMKP Gencarkan Sosialisasi

BOGORnews.com ::: Bogor : Jelang  perhelatan akbar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Volume II tahun 2022 dengan tema "Adaptasi dan Mitigasi Pertanian Terhadap Perubahan Iklim", yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 23 Februari hingga 17 Maret 2022, Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor terus gencar melakukan sosialisasi. 

Sosialisasi dilakukan kepada petani, penyuluh dan stakeholder se Jawa Tengah dan DKI Jakarta. melalui program Webinar Brokoli ( Ngobrol Asyik Via Online) Kamis (10/2/2022) diikuti 1.215 peserta. 

Melihat animo begitu besar dari penyuluh dan petani serta stakeholder lainnya mengikuti Brokoli yang khusus membahas mekanisme tata cara pendaftaran dan berbagai kendala yang dihadapi Kepala PPMKP Yusral Tahir optimis pelatihan akan sukses digelar.

Baca Lainnya :

 “ Brokoli volume IX yang merupakan edisi pertama tahun 2022 ini digelar dalam rangka mendukung suksesnya Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh yang digelar Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), “ ujarnya.

Iapun mengajak petani dan penyuluh Jawa Tengah dan DKI Jakarta segera melakukan registrasi untuk dapat mengikuti pelatihan dijadwal PPMKP pada 23 – 25 Februari 2022. 

Dani Ramdani Harun Kepala Bidang Penyuluhan, Pasca Panen dan Bina Usaha Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang hadir dalam program tersebut menyatakan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh merupakan moment yang tepat bagi petani dan penyuluh untuk menghadapi tantangan perubahan iklim yang terjadi untuk itu pihaknya menghimbau agar petani dan penyuluh di 567 kecamatan yang ada 35 kabupaten dan kota segera melakukan registrasi.

“ Jawa Tengah responsif dan siap mendukung Kami akan segera melakukan pembinaan kepada seluruh kepala dinas untuk mengcrosscheck jumlah pendaftar dan datanya disampaikan ke PPMKP Ciawi Bogor, “ ungkapnya.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan tantangan perubahan iklim telah mengubah pola pikir dan gaya hidup warga DKI menjadi lebih sehat. Tema Adaptasi dan Mitigasi Pertanian Terhadap Perubahan Iklim dinilai merupakan bungkusan teknis bagi para penyuluh sehingga siap menghadapi berbagai pertanyaan. sangat tepat pada kondisi saat ini sehingga sangat perlu diikuti petani dan penyuluh. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi menegaskan, pelatihan pertanian harus terus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh dan petani.

Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh diakui Dedi merupakan simbol yang artinya Kementan melakukan pelatihan yang massif di seluruh tanah Air. Tujuan dan harapannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, peningkatan produktivitas bukan hanya karena teknologi terbaru, benih bagus saja tetapi juga peningkatan kapasitas dan keterampilan insan pertaniannya yaitu penyuluh dan petani. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan perubahan iklim merupakan tantangan paling berat tidak hanya bagi pertanian Indonesia tapi dunia. Untuk itu Ia senantiasa mengingatkan pentingnya antisipasi dan mitigasi dari dampak perubahan iklim tersebut. 

 "Menghadapi 2022, tantangan paling berat menurut kami yang harus kami persiapkan adaptasi dan mitigasi adalah climate change dan tantangan-tantangan ekstrim, cuaca yang menurut secara global akan tak terduga akan menghantam seluruh dunia," katanya.(Regi/PPMKP).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment