Kodim, PWI dan Seniman Sepakat Lestarikan Budaya Sunda

BOGORnews,== Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Bogor dan sejumlah budayawan beraudensi dengan Komandan Distrik Militer (Kodim) Kota Bogor, Letkol. Arh. Rakhmat Santoso  di Makodim 0606 Jalan Jendral Sudirman (Kamis/16/1/2014).
    
Menurut Ketua PWI Kota Bogor, H. Tarwono, kedatangan PWI bersama sejumlah budayawan tersebut selain bersilaturahmi juga membicarakan sejumlah agenda seni dan budaya yang akan dipentaskan.
    
“Kami sangat mengapresiasi sambutan beliau (Dandim-Red) yang sangat cepat meskipun surat yang kami layangkan hanya sehari sebelumnya,”ungkap H. Tarwono yang didampingi Sekretarisnya Barry Harry Murti.
    
Menurutnya, sejumlah agenda kesenian dan budaya sunda serta yang lainnya  digagas dalam pertemuan tersebut, diantaranya peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2014 pada  9 Februari yang akan datang.
    
Dalam pertemuan tersebut. Lanjut Tarwono, para budayawan Bogor seperti Dadang HP, Tjetjep Thoriq serta yang lainnya mengusulkan agar Kodim bisa memfasilitasi pertunjukan seni dan budaya di beberapa titik setiap malam Minggu di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.
    
Sementara itu, Dandim 0606,  Letkol. Arh.Rakhmat Santosa yang didampingi Kasiter dan seluruh Danramil se-Kota Bogor, mengungkapkan bahwa pihaknya  menyambut baik rencana PWI dan para seniman serta budayawan Bogor, untuk menampilkan sejumlah kegiatan budaya terkait dengan pembinaan teritorial.
    
“Kami sendiri sebenarnya punya rencana kegiatan budaya seperti pasanggiri Lengser, namun niatan ini belum sempat terwujud. Alhamdulillah dengan kedatangan perwakilan dari PWI, seniman dan budayawan rencana tersebut akan secepatnya diwujudkan,”ujar Rakhmat.  
    
Bahkan, lanjutnya, bisa saja pertunjukan seni dan budaya di beberapa tempat, seperti di setiap kecamatan, karena di wilayah ada Komando Rayon Militer (Koramil). “Pokoknya kita semua sepakat berbuat untuk kepentingan masyarakat,”tegas Rakhmat.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Jacky Wijaya (PWI), Ketua Sanggar Setia Wargi, Acoen Hidayat, H. Thomas Kusnandar dan Peppy T. Riadi (Konsorsium Peduli Bogor) dan sejumlah tokoh lainnya. (red/bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button