Kecamatan Bogor Timur Bentuk Satgas Pencegahan KDRT

BOGORnews,== Guna mencegah tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).  Satgas melibatkan berbagai elemen masyarakat dan pihak aparat terkait di wilayah Bogor Timur.

Camat Bogor Timur Ganjar Gunawan mengatakan, Satgas KDRT dibentuk disetiap Kelurahan se Kecamatan Bogor. “ Satgas dibentuk untuk mencegah terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang menimpa warga Kecamatan Bogor Timur, “ kata Ganjar saat memimpin rapat Koordinasi PKDRT Kecamatan Bogor Timur dengan Muspika para Lurah, para kepala Puskesmas unsur tokoh masyarakat dan agama,  dan  Tim Penggerak Kecamatan Bogor Timur di Aula Keacamatan Kota Bogor Timur, “ Senin (6/1/2014).

Ganjar menegaskan, Satgas PKDRT sangat berperan  melakukan edukasi dan sosialisasi terkait dengan tindak kekerasan rumah tangga.  “Satgas secara terus menerus harus melakukan edukasi, sosialisasi dan melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya KDRT, “ kata Ganjar.

Oleh karena itu menurut Ganjar, pihaknya akan terus mendorong keberadaan Satgas PKDRT sampai tingkat Kelurahan bahkan tingkat RT dan RW. “ Kita akan terus mengawal Undang Undang  No : 23 Tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, “ tukasnya.

Camat Bogor Timur Ganjar Gunawan juga mengajak kepada seluruh kamponen untuk memberikan kepedulian, perhatian dengan memberikan informasi-informasi yang kepada kepada Satgas. “ Kami berharap adanya kepedulian masyarakat terkait dengan KDRT, “ katanya.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kota Bogor Hj. Fauziah Diani Budiarto menegaskan, bahwa KDRT harus dihindari karena bisa mengancam keselamatan hidup seseorang, baik itu seorang Suami, seorang Istri maupun anaknya.   “KDRT dapat dihindari apabila setiap angota didalam rumah tangganya  bisa mengontrol atau mengendalikan emosinya, “ kata Fauziah.
 
Oleh karena itu, Fauziah mengingatkan, perlunya dihidupkan dan dipelihara rasa saling menyayangi, rasa saling peduli dan rasa saling menghormati antara satu anggota keluarga dengan yang anggota keluarga lainnya. “Sadari betul, bahwa tindakan kekerasan dalam bentuk apapun, bukanlah cara untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan antara Suami dengan Istri atau masalah yang terjadi antara orangtua dengan anak-anak, “ ingatnya.

Fauziah mengajak kepada seluruh warga Kota Bogor untuk menjaga agar dilingkungan tempat tinggal masing-masing jangan sampai ada yang menjadi korban KDRT.  “Kita berkewajiban melaporkan kepada pihak berwajib, apabila ada seseorang melakukan KDRT terhadap anggota keluargannya, “ tandasnya.

Menurut Fauziah,  TP PKK melalui Pokja telah memprogramkan  kegiatan yang berkaitan dengan PKDRT. “ Kita telah melakukan gerakan langsung dengan membentuk kelompok-kelompok simulasi disetiap jenjang PKK, “ kata dia.

Lurah Sindangsari Kecamatan Bogor Timur Agus Suwono, menambahkan,  di wilayahnya  Satgas PKDRT sudah dibentuk di RW. 01, RW.02 dan RW  03 serta RW.07.  “Mudah-mudahan dengan terbentuknya Satgas PKDRT disetiap RW  akan meminimalisir KDRT diwilayah Kelurahan Sindangsari, “ imbuhnya. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button