Jelang Imlek, Jeruk Kim Kat Diburu

Jakarta – Jelang perayaan tahun baru Imlek, banyak aksesori pelengkap diburu warga keturunan. Dari sekian aksesori yang banyak di cari oleh para peminatnya adalah pohon Jeruk Kim Kat atau biasa disebut pohon jeruk Imlek.

Pohon jeruk yang hanya tingginya antara 1 meter hingga 2 meter ini memiliki buah yang sangat kecil. Buah mungil tersebut diyakini sebagai tumbuhan yang bisa mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang memasangnya pada saat perayaan Imlek berlangsung.

Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2562 pedagang malah mendatangkannya langsung dari Guangzou China. Seperti yang dilakukan Flora Indah Lestari di Kavling DKI, Meruya, Jakarta Barat. Pohon jeruk Kim Kat yang mereka tawarkan ini semuanya dari negeri asalnya.

Menurut Petrus (44), salah satu karyawan  di lokasi tersebut mengatakan, menjelang perayaan Imlek banyak dari warga keturunan yang mencari pohon jeruk Kim Kat.

"Iya ini sengaja didatangkan sama bos dari sana, baru tiba awal Januari lalu sebanyak empat kontainer (1 kontainer 3.000 pohon) khusus menyambut imlek," kata Petrus.

Berapakah harga yang dipasang oleh para pedagang? Harga jualnya bervariasi. Ini berdasarkan ketinggian, bentuk dan jumlah buah yang ada di dalam satu pohonnya.

Pohon yang memiliki tinggi kurang dari 1 meter dihargai antara Rp 100.000 samapi Rp 150.000 per pohon. Sedangkan untuk ukuran yang agak lebih besar, tinggi dan banyak buahnya di harga antara Rp5 juta – Rp7 juta perpohonnya.

"Sudah banyak yang memesannya mas, karena bagi mereka (warga keturunan) pohon ini selain bisa membawa keberuntungan juga bisa melambangkan kemakmuran si pemilik rumah," ujar Petrus sambil menunjukan secarik kertas yang sudah di beri nama-nama pemiliknya.

Selain menjual dalam bentuk perorangan , di tempatnya juga menjadi salah satu distributor terbesar di kawasan Jakarta Barat di mana banyak dari pedagang lainnya mengambil dari tempatnya berjualan. /kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button