Ironis, Direskrimum Keluarkan SP3 Tanpa Sepengetahuan Kapolda Jabar


BOGORNEWS.COM – Neta S Pane, Ketua  Ind Police Watch (IPW) sangat menyesalkan ulah Direskrimum Polda Jawa Barat Kombes Erwin Faisal yang mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) tanpa sepengetahuan Kapolda Jabar yang baru Irjen M Iriawan dan mantan Kapolda Jabar (sekarang Kabareskrim) Irjen Suhardi Alius.

Akibat keluarnya SP3 itu, kedua pejabat Polri tersebut kaget. Ulah Direskrimum Polda Jawa Barat ini sepertinya ingin mengadudomba antara pejabat baru dan pejabat lama di Polda Jawa Barat. “Ulah ini sepertinya ingin menggunakan kesempatan dalam kesempitan di masa transisi kepemimpinan Polda Jabar. Tipe pamen Polri seperti ini tentu sangat merusak citra Polri dan citra pimpinan Kepolisian,” kata Neta dalam siaran persnya yang dikirim kepada bogornews.com, Kamis (12/12).

Untuk itu IPW sudah mengusulkan kepada para pimpinan Polri agar yang bersangkutan segera dimutasi dari jabatannya dan tidak diluluskan dalam test kedua SESPATI yang sedang diikutinya.

Ada pun Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) itu Nomor: SP.Sidik/279.b/XII/2013/Dit Reskrimum Jabar atas laporan polisi No. Pol:  LP/432/V/2013/Bareskrim tentang tindak pidana membuat surat palsu, menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, dan gelar akademik palsu dalam proses seleksi Direksi PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor yang diduga dilakukan oleh Untung Kurniadi. “Padahal sebelumnya Kapolda Jabar Irjen Suhardi Alius sudah memerintahkan agar kasus ini diproses secara profesional dan sudah ada 27 orang yang diperiksa sebagai saksi,” jelas Neta.

Dengan keluarnya SP3 tanpa sepengetahuan Kapolda Jabar ini, maka IPW mengimbau Propam Polri maupun Kabareskrim Polri segera mengusutnya, untuk mengetahui, apakah ada mafia kasus atau gratifikasi dan suap di balik kasus ini.

Terlepas dari hal itu IPW juga mengimbau agar pelapor, Sugeng Teguh Santoso segera melakukan prapradilan terhadap SP3 cacat hukum ini. “Pemeriksaan intensif terhadap keluarnya SP3 ini perlu dilakukan agar dikemudian hari tidak ada lagi Direskrimum nekat melampaui wewenangnya dan berusaha ingin mengadu domba antara pejabat Polri,” tandas Neta. [] Zaz

Keterangan Foto: Neta S Pane, Ketua IPW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button