Hewan Anda Bermasalah, Silahkan Datang Ke Pos Kesehatan Hewan

BOGORnews, == Sekarang, merawat tubuh bukan lagi hanya keperluan manusia. Hewan-hewan peliharaan juga perlu merawat tubuh. Tidak hanya perawatan, kadang mereka pun perlu bersolek untuk mempercantik diri.
    
Kini banyak salon kecantikan hewan yang menawarkan bermacam perawatan bagi hewan peliharaan. Ada salon yang menawarkan perawatan spa, mandi dengan sampo dan potong kuku dan bulu. Juga perawatan telinga.
    
Namun tentunya bila ingin melakukan perawatan ala salon hewan, sang pemilik hewan peliharaan harus merogoh kocek cukup dalam. Paling sedikit budget yang harus disiapkan sekitar Rp 100.000 per sekali perawatan. Ini baru perawatan standar seperti shampoo dan potong kuku dan bulu.
    
Bagaimana bila sang pemilik hewan peliharaan tidak memiliki budget tersebut tetapi tetap ingin merawat hewan mereka dengan baik? Bila anda memiliki masalah hewan peliharaan, tinggal datang saja ke Pos Kesehatan Hewan yang dikelola oleh Dinas Pertanian Kota Bogor.
    
Terletak di Jalan Raya Cipaku No 5 Bogor, Pos Kesehatan Hewan melayani bermacam pelayanan kesehatan. Mulai dari potong kuku, pengobatan, penanggulangan dan vaksinasi seperti rabies, antrax dan  Avian Influenza/Flu Burung, hingga Kegiatan pemeriksaan Ante Mortem Hewan Qurban.
    
Hebatnya, pelayanan diberikan secara gratis. Namun bila diperlukan obat-obatan, pemilik hewan dapat membelinya di apotik, dan selanjutnya petugas kesehatan akan memberikan bantuan pelayanan kesehatan. “Termasuk tindakan operasi,” kata Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Wina.
    
Wina menjelaskan bahwa bila masyarakat tertarik ingin membawa hewan peliharaan mereka, sebaiknya mendatangi pos kesehatan hewan pada waktu jam kerja. Mulai dari pukul 08.00-15.00 WIB. Karena di luar jam tersebut, tidak ada petugas kesehatan yang piket atau stand by.
    
Salah seorang pemilik hewan, Mariana (55) baru mengetahui adanya pos kesehatan hewan yang memberikan pelayanan secara gratis. “Saya kesulitan memotong kuku anjing saya. Biasanya saya harus mengejar-ngejar anjing saya hanya untuk memotong kukunya,” ujar Mariana. Dengan adanya pos kesehatan hewan tersebut, Mariana mengaku tertarik untuk membawa anjingnya ke pos kesehatan hewan. “Apalagi gratis,” ujarnya senang.
    
Biasanya, Mariana membawa anjingnya yang berjenis golden retriever  dua minggu sekali ke salon. Sebulan Mariana harus merogoh kocek sekitar Rp 2 juta untuk perawatan anjingnya. Mariana mengaku senang bisa mendandani anjingnya secantik mungkin. Terlebih Mariana mengaku tidak memiliki waktu ekstra untuk memanjakan anjingnya.
    
Selain Mariana, ada Sopiyan yang juga mengaku senang mendengar adanya Pos Kesehatan Hewan. Sopiyan memelihara tiga ekor kelinci jenis Anggora sejak tiga tahun yang lalu. Selain perawatan harian, Sopiyan mengaku belum pernah membawa kelinci kesayangan keluarga mereka ke salon atau dokter hewan. “Paling kalau pilek dan bulunya rontok, saya bawa ke Pasar Bogor untuk disuntik,” jelas Sopiyan.
    
Sopiyan menjelaskan, di Pasar Bogor terdapat penjual kelinci yang memiliki kemampuan mengobati kelinci-kelinci peliharaan. Biasanya, dengan biaya Rp 35 ribu, penjual kelinci akan mengobati kelinci-kelinci peliharaan yang sakit. Pengobatan dilakukan dengan memberikan suntikan ke tubuh kelinci tersebut.  “Saya tidak tahu apa yang disuntikkan. Tetapi biasanya setelah disuntik, kelinci saya langsung sembuh,” ujar Sopiyan.  
    
Namun setelah mengetahui keberadaan Pos Kesehatan Hewan di wilayah Cipaku tersebut, Sopiyan berjanji akan memeriksakan ketiga hewan kesayangannya ke sana. Selain gratis, pelayanan yang diberikan tentunya sudah sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Di sana, petugas jaganya adalah petugas kesehatan di bawah pengawasan dokter hewan.
    
Jadi sekarang tidak perlu ragu lagi membawa hewan kesayangan anda ke Pos Kesehatan Hewan. Kesehatan dan kenyamanan, bukan lagi milik manusia semata. Hewan peliharaan kita pun berhak mendapat pelayanan kesehatan yang layak. (redaksi)

Jenis pelayanan Pos Kesehatan Hewan sbb :

I    Konsultasi kesehatan hewan

II    Vaksinasi meliputi :
a.    Anthrax
b.    Avian Influenza
c.    Brucella
d.    Rabies

III    Pengobatan

IV    Pemeriksaaan Laboratorium :
a.    Pemeriksaan cacing
b.    Pemeriksaan Jamur

V    Operasi ringan (kastrasi OH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button