Hatta Resmikan Gedung Global Halal Center di Bogor

BOGORnews,== Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meresmikan Gedung Global Halal Center milik Lembaga Pengkajian Pangan,Obat-obatan dan Kosmetik MUI di Jalan Pemuda Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu. 11-01-2014.

Peresmian Gedung Global Halal Center LP-POM MUI bersamaan Tasyakuran Milad ke-25 lembaga kajian sertifikasi halal dihadiri Ketua MUI  pusat K.H.Maruf Amin, Kepala Badan POM RI,Roy .A .Sparringa, Walikota perpilih Bima Arya dan Plt Sekretaris daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat  serta perwakilan Duta Besar dari beberapa Negara Tetangga.
 
Hatta mengapresiasi capaian yang dilakukan LP-POM MUI di bidang penetapan Standar Sertifikasi Halal.    "Melalui buku "Halal Assurance Sytem" beserta turunannya, standar yang disusun LPPOM MUI telah diadopsi setidaknya oleh 40 lembaga sertifikat halal dari 23 negara.
 
Mengenai  standar, kata Hatta, seperti yang dilaporkan telah pula diratifikasi oleh anggota "World Halal Food Council (WHFC) yang beranggotakan lembaga-lembaga sertifikat halal dari berbagai negara dalam sidang Annual General Meeting di Jakarta 2011 lalu, bahwa posisi LPPOM MUI sebagai pemimpin dalam sertifikasi halal, untuk membantu melayani masyarakat produk berlebel Halal.  Selain itu masyarakat dapat mengetahui Kadaurwarsa Produk tersebut.
 
Hatta   mengharapkan adanya peningkatkan informasi dan layanan masyarakat, baik masyarakat konsumen maupun produsen dengan menggunakan Alat Komunikasi Android ," ujar Ketua DPP PAN Pusat  tersebut
 
Sementara itu, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim, mengatakan,dengan  dipilihnya Kota Bogor sebagai tempat berdirinya Gedung Global Halal Center MUI memiliki sejarah khusus.  "Berdirinya Global Halal Center sengaja dipilih Kota Bogor karena disinilah dimulainya struktur produk halal yang diawali oleh IPB," ujar Lukman.

Lukman mengatakan, Gedung Global Halal Center LPPOM MUI nantinya akan menjadi tempat operasional lembaga Ke seluruh wilayah di jawa dan Sekitarnya.  Secara khusus keberadaan Gedung Global Halal Center  berdekatan dengan IPB dapat  langsung mendekatkan kerja sama antara dua lembaga ini. Selain meresmikan operasional Gedung Global Halal Center LPPOM MUI, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa juga meresmikan produk terbaru yang dilahirkan LPPOM MUI.
    
Dua produk label Halal , yaitu Program HaLO LPPOM MUI (Halal learning on line LPPOM MUI) dan program aplikasi sistem identifikasi produk halal Indonesia melalui pemindaian (scanning) yang diber nama "ProHalal MUI".
          
Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amin menyampaikan LPPOM MUI berharap kinerja lembaga tersebut lebih ditingkatkan, responsif, transparan dan akuntabel. Sejak awal berdirinya LPPOM MUI ditunjuk oleh pemerintah untuk meredam keresahanmasyarakat terhadap kehalalan sebuah produk. Karena keresahan masyarakat tersebut juga berpengaruh pada perekonomian Bangsa.   
 
"Lembaga sertifikat halal in sangat dibutuhkan demi terciptanya asas perlindungan. Jadilah lembaga yang transparan, kredibel dan akuntabel,"ujar Ma’ruf Amin (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button