DR. TB. Masa: Partai NasDem Antitesis Krisis Kepercayaan Terhadap Parpol di Indonesia

DR. TB. Masa mengatakan jika partai politik tidak dikelola modern, maka selamanya partai politik tidak akan mampu keluar dari mata rantai korupsi.  Bagaimana pandangan lebih lanjut DR. TB. Masa terhadap kehadiran Partai NasDem yang dinilainya sebagai antitesis krisis kepercayaan terhadap parpol yang korup sepanjang Indonesia mengenal multi partai pasca reformasi?

BOGORNEWS.com  —  Pengamat politik dan dosen Pasca Sarjana Universitas Nasional, Jakarta, DR. TB Masa mengatakan kehadiran Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi  antitesis atas krisis kepercayaan terhadap partai politik di Indonesia. Parpol pendatang baru ini mengisyaratkan pengelolaan sebuah  parpol modern dan memiliki semangat perubahan yang kuat.  “Antitesis ini tentunya harapan baru dalam kehidupan  politik di Indonesia ke depan,” kata TB Massa kepada bogornews.com, beberapa waktu lalu.

Indikasi parpol modern, menurut TB Massa, salah satunya adalah memiliki kemandirian dari segi pendanaan untuk pembiayaan mesin partai politik. 

TB Massa mengatakan masalah korupsi yang dilakukan parpol di Indonesia sudah menjadi sebuah aksioma. Suatu keadaan di mana parpol menjadi mata rantai korupsi di Indonesia. Korupsi bagian dari relasi kekuasaan, di mana parpol sebagai alat kekuasaan. “Hal mendasar yang menjadi penyebabnya adalah  parpol besar yang ada di Indonesia tidak dikelola modern, sehingga tidak mandiri dalam keuangan untuk membiayai kerjanya mesin parpol. Selain itu mahalnya biaya untuk maju dalam kompetisi pemilu kepala daerah, pemilu legislatif, dan pemilu presiden,” jelasnya.

Bandul kekuasaan di era reformasi, katanya lebih lanjut,  berada di tangan parpol. Parpol memiliki kekuasaan untuk menentukan budget baik dalam parlemen maupun dalam pemerintahan, di mana elit partai yang  menjadi menteri atau kepala daerah ikut menentukan karena berada di dalamnya. “Dengan situasi tersebut maka keberadaan parpol sangat sulit melepaskan diri dari korupsi,” papar TB. Masa.

Karena itu, kata TB Masa, kehadiran Partai NasDem menjadi antitesis  krisis kepercayaan terhadap parpol. Namun masalahnya apakah ideologi perubahan terindikasi pada sistem pengelolaan parpol? Jika tidak menunjukkan  perbedaan dengan problem klasik manajemen parpol dan tidak mandiri, maka Partai NasDem ini tidak berbeda dengan parpol yang sudah ada.  “Saya khawatir Partai NasDem akan mengulangi penyakit akut parpol yang korup,” jelasnya.

Dalam pandangan TB Massa Partai NasDem mengisyaratkan sebagai parpol modern dalam mengelola partai dan semangat perubahan yang kuat. “Tapi itu tidak jaminan, jika tidak diikuti dengan kepemimpinan yang kuat, disiplin partai yang kuat, kader partai yang tangguh dan berkualitas, dan kejelasan konsep perubahan pada level operasional sebagai implementasi ideologi perubahan,” tandas Masa. [] Zaz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button