Mentan Minta PERHIMPI agar Air Hujan tidak Langsung Lari ke Laut

By Redaksi 03 Okt 2019, 19:44:08 WIB | dibaca: 119 Bogor

Mentan Minta PERHIMPI agar Air Hujan tidak Langsung Lari ke Laut



BOGORNews.com:::Sejak berdiri  kurang lebih 40 tahun lalu, Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI) telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa bagi sektor pertanian. Kiprahnya selama ini sangat strategis sekali.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat acara Simposium Meteorologi Pertanian IX  di IPB International Convention Center Bogor, Rabu (03/09/2019).

"Saya menitip kepada pengurus Perhimpi yang ada diberbagai wilayah di Indonesia untuk membangun  rainwater harvesting system. Jangan biarkan air hujan yang jatuh di bumi Indonesia langsung lari ke laut,"pintanya.

Rainwater harvesting system merupakan istilah lain pemanenan air hujan dengan cara pengumpulan, penyimpanan dan pendistribusian air hujan  untuk selanjut digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk keperluan sektor pertanian.

Amran meminta kepada Perhimpi agar bisa menahan selama mungkin air hujan untuk tidak langsung bermuara ke laut. Kalau perlu, katanya, air bisa recycle 2-3 di lahan kering.

"Kalau ini bisa dilakukan, bisa mengangkat produksi berlipat-lipat, rating index yang biasanya hanya satu kali, bisa menjadi tiga kali. Produktifitas naik jika ketersedian air terjamin."

"Tak hanya itu saja, mesin-mesin pertanian terus bergerak setiap saat dan para petani pun bisa terus bekerja. Saya yakin, jika ini terus dilakukan  pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi,"tukasnya.

Sementara itu Ketua baru Perhimpi periode 2019-2024 yang juga merupakan  Kepala Badan Litbang Pertanian, Kementan, Dr. Fadjry Djufry mengatakan bahwa arahan Mentan Andi Amran Sulaiman sejalan dengan program kerja Perhimpi

"Sejak 25 tahun lalu, Perhimpi sudah melakukan gerakan hemat air termasuk panen air hujan. Ke depan, kita akan melibatkan pemerintah setempat dalam dalam mengelola embung yang sudah dibangun."

"Kita berharap dengan pengelolaan embung yang lebih baik, semua air yang jatuh ke bumi dapat digunakan secara maksimal. Tidak hanya pertanian tapi juga peternakan, perikanan dan perkebunan,"pungkasnya. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI