300 Peserta Hadiri Simposium Meteorologi Pertanian IX di Bogor

By Redaksi 02 Okt 2019, 18:42:42 WIB | dibaca: 128 Bogor

300 Peserta Hadiri Simposium Meteorologi Pertanian IX  di Bogor



BOGORNews.com:::Kementerian Pertanian melaksanakan launching “Gerakan Nasional Panen dan Hemat Air Mendukung Bun-500, Kemandirian Pangan, dan Energi” dan launching “Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu Versi 3.0 – Inovasi Standing Crop”. 

Gerakan ini diharapkan menjadi gaung nasional untuk antisipasi kemarau yang berkepanjangan tahun 2019 dan menjadi solusi permanen menghadapi musim kemarau tahun tahun yang akan datang.

Launching dilaksanakan melalui kegiatan Simposium Meteorologi Pertanian IX dengan mengambil tema “Inovasi Aksi Iklim Pertanian Menuju Kemandirian Pangan, Ekonomi, Energi dan Lingkungan”. Kegiatan ini dilaksanakan di IPB International Convention Center Bogor, Rabu (02/09/2019). Selain Simposium, diselenggarakan kegiatan pendukung/Side Events berupa Talkshow, Bimbingan Teknis dan Pameran. 

Simposium berkolaborasi antara Balitbangtan Kementan, Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI). 
dan Universitas IPB dan diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari berbagai kementerian dan lembaga, perguruan tinggi, Kepala Stasiun BMKG provinsi, Kepala BPTP, pemerintah daerah, swasta, himpunan profesi, praktisi dan peminat terkait iklim pertanian.

Tujuan Simposium Meteorologi Pertanian ini adalah untuk menghimpun berbagai isu terkini terkait berbagai kegiatan adaptasi dan co-benefit (mitigasi) sektor pertanian, merumuskan kebijakan untuk percepatan implementasi kegiatan adaptasi dan co-benefit (mitigasi) sektor pertanian yang diharapkan mampu menjadi pilar kemandirian pangan, ekonomi, energi, dan lingkungan; menjalin dan menguatkan network (jejaring kerjasama) antara stakeholder terkait, serta memberikan informasi dan meningkatkan minat masyarakat khususnya kaum milenial, dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang meteorologi pertanian dan kegiatan adaptasi sektor pertanian di lapangan bagi petani dan kaum muda milenial.

Selain simposium, digelar  juga Kongres VIII Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIMPI). Kongres PERHIMPI dihadiri oleh sebanyak 22 Pengurus Cabang.

Sekjen PERHIMPI, Haris Syahbuddin mengatakan
tujuan diadakan kongres PERHIMPI adalah membangun forum untuk dialog dan berbagi informasi antar anggota PERHIMPI, himpunan profesi lainnya, dan stakeholder utama.

"Kongres ini juga untuk mengevaluasi kegiatan yang dilakukan oleh pengurus PERHIMPI selama periode sebelumnya, serta melakukan pemilihan pengurus baru dan menyusun program kerja PERHIMPI untuk periode 2020-2024,"jelasnya. (Rls/DF)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI