AWAS! Ini Bahaya Makan Mie Instan Mentah

By Redaksi 23 Jan 2022, 02:10:41 WIB Kesehatan
AWAS! Ini Bahaya Makan Mie Instan Mentah

BOGORnews.com ::: Selain karena rasanya yang nikmat, harga mie instan sendiri sangat terjangkau oleh semua orang. Meski demikian, mie instan sangat tak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin atau dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, berbagai kandungan zat pengawet, perasa buatan, serta zat kimiawi lainnya dalam panganan tersebut bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Akan berdampak buruk bagi kesehatan bila konsumsinya tak memerhatikan jumlah dan cara penyajian, seperti dikonsumsi dalam bentuk yang mentah. Jangan diabaikan, berbagai penyakit bisa mengintai, lho.

Melansir dari Alodokter, dr. Nira Hastati mengungkapkan bahwa mie instan yang mentah harus dihindari. Bahkan, mengonsumsinya dalam bentuk yang sudah matang pun sebaiknya dibatasi.

Baca Lainnya :

Hal ini menurutnya karena mie instan memiliki kandungan zat gizi yang tak bisa mencukupi kebutuhan harian. Kadar garamnya yang tinggi, ditambah lagi penyedap rasa serta pengawet membuat makanan satu ini sebaiknya tak dijadikan kudapan harian.

Bahan-bahan pengawet makanan dalam mie instan sebetulnya memang masih aman dikonsumsi. Namun, tetap saja bila asupannya berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

Mie instan sebaiknya dimasak sampai matang agar zat-zat yang terkandung dalam panganan ini bisa terlarut dan lebih aman dikonsumsi. Bahaya konsumsi dalam bentuk mentah pun sudah dijelaskan dalam setiap kemasannya.

Sebagai orang tua perlu tahu bahwa ada beberapa risiko yang dirasakan bila mengonsumsi mie instan mentah dalam jumlah yang banyak berikut ini.

Iritasi Tenggorokan

Mie instan termasuk makanan yang kurang ramah untuk organ tenggorokan. Mengonsumsinya secara berlebih rupanya bisa mengiritasi saluran tenggorokan.

Hal ini karena kandungan MSG serta bahan pengawet yang bisa saja tertempel pada dinding saluran kerongkongan. Batuk, gatal, dan serak bisa dialami bila kebiasaan makan mie instan khususnya dalam kondisi mentah terus berlanjut.

Obesitas

Mie instan memiliki kandungan kalori yang berlebih. Asupannya yang terlalu banyak bisa menyebabkan adanya penumpukan kalori serta lemak di dalam tubuh.

Akibatnya, berat badan pun bisa bertambah. Pertambahan berat ini juga termasuk tidak sehat karena senyawa kimia dalam kandungan mie.

Ditambah lagi kalau Parents sering tergoda makan mie instan yang masih mentah sebelum tidur. Penumpukan lemak hingga gemuk sangat mungkin dialami.

Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Bagi Anda penyuka mie instan sebaiknya dipikirkan kembali jumlah asupannya. Pasalnya, tal hanya jumlah kalori dan lemak yang cukup tinggi, kandungan garam dalam makanan ini juga terbilang tinggi.

Terlebih bila dikonsumsi dalam keadaan tidak matang atau ditambahkan saus dan kecap yang juga memiliki kandungan natrium tinggi. Kandungan garam yang menumpuk ini bisa menyebabkan seseorang lebih berisiko memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Bila dibiarkan, kondisi ini bisa berbahaya ya karena bisa memengaruhi kesehatan jantung.

Kolesterol Tinggi

Selain hipertensi, risiko lain yang bisa mengintai ialah kolesterol tinggi. Ya, mengonsumsi mi instan dalam jumlah berlebih dalam kondisi matang maupun mentah bisa berakibat pada peningkatan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Bila kadar kolesterol dalam darah sudah meningkat signifikan, risiko penyakit lainnya bisa juga menjadi lebih tinggi. Mulai dari stroke hingga penyakit jantung bisa saja dialami.

Jadi, sebaiknya hindari memakan mie instan yang belum dimasak atau mentah!

 

 

 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment