Awas Cuaca Ekstrim, Aparat Wilayah Siaga

BOGORnews,== Aparat  Kecamatan dan Kelurahan diseluruh   Kota Bogor diminta siaga setiap saat   mengingat hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor dalam beberapa hari terakhir dan kedepan
    
“ Saya minta aparat di wilayah senantiasa  siaga mengingat cuaca ekstrim dalam beberapa hari terakhir dan kedepan, “ ingat Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Azrin Syamsudin  saat mengumpulkan aparat Kelurahan dan Kecamatan di Balaikota Bogor,  Selasa (21/1/2014).
 
Azrin menegaskan, aparat  di wilayah harus cepat tanggap jika terjadi musibah bencana alam yang menimpa warga, karena  sejumlah wilayah Kecamatan di Kota Bogor merupakan daerah  rawan bencana alam  yang perlu diwaspadai seperti bencana longsor, banjir, dan  angin puting beliung.  “Makanya,  aparat di wilayah harus siaga setiap saat, “ tandasnya.     
 
Terkait dengan program bantuan  RTLH (Rumah Tidak Layak Huni)  yang diajukan melalui bansos/hibah yang belum diverifikasi oleh Tim  di SKPD, Azrin mengatakan,  penanganannya akan di limpahkan ke setiap Kecamatan,  untuk dapat ditangani langsung aparat setempat  di  lokasi yang terkena musibah atau Paska Bencana. 
 
“Ada sekitar 2000  Proposol  yang masuk ke Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bogor yang belum diverifikasi, dan akan kita kembalikan ke Kecamatan untuk ditindaklanjuti, “ ujarnya.
    
Azrin juga mengingatkan,  bahwa aparat wilayah harus bisa membedakan penanganan Paska Bencana yang ditangani oleh Dinas Pengawasan dan Permukiman (Wasbangkim) dan Dinas Bina Marga dengan yang ditangani oleh Bagian Kemasyarakatan.
    
“Kalau jalan rusak, turap atau tebing roboh yang menangani Wasbangkim dan Bina Marga. Sedangkan bantuan tanggap darurat seperti rumah roboh yang perlu penanganan segera  yaitu Bagian Kemasyarakatan, “ jelas Azrin. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button