UPN Veteran Jakarta Menginisiasi Rebranding UMKM Sebagai Solusi Menghadapi Pandemi

By Redaksi 17 Sep 2021, 06:26:10 WIB | dibaca: 162 Ekonomi

UPN Veteran Jakarta Menginisiasi Rebranding UMKM Sebagai Solusi Menghadapi Pandemi

Media Digital Bogor

BOGORnews.com ::: Dalam masa pandemi ini, sektor UMKM sangat perlu perhatian khusus dari pemerintah. Selain karena banyak yang terdampak negative, Sebagian besar UMKM menyumbang PDB yang besar dan juga dapat diandalkan dalam penyerapan tenaga kerja.

UPN Veteran Jakarta melalui Tim Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dalam bentuk pengabdian. Pengabdian ini dilakukan dengan menggandeng pihak UMKM Pribumi Kabupaten Bogor sebagai Mitra. UMKM Pribumi ini berbasis komunitas yang menaungi total lebih dari 200 UKM di dalamnya. Permasalahan utama Mitra tersebut kurang lebih sama dengan permasalahan UMKM pada umumnya yang telah dibahas sebelumnya, antara lain; masalah manajemen, teknologi produksi, dan permodalan.

Permasalahan umum tersebut sukses menggiring UMKM sehingga dipandang memiliki daya saing yang rendah, tidak dianggap sebagai sebuah bisnis yang suistainable, dan tidak dikelola secara professional, baik itu dari aspek keuangan, pemasaran, hingga sumber daya manusianya. Oleh karenanya, diperlukan rebranding bagi UMKM sehingga memiliki citrabaru yang berbeda. UMKM diharap berbenah dan menjadi lebih berdaya saing. Mendapat citra dan pandangan positif sebagai sebuah unit bisnis yang professional, dan mampu menghasilkan profit yang besar

Kegiatan ini dilakukan dengan pendampingan melalui 3 aspek yang telah sesuai dengan kepakaran anggota Tim, antara lain; Keuangan, Pemasaran, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pendampingan dilakukan membahas 3 bidang fokus berikut, yaitu:

1. Pencatatan Keuangan berbasis Aplikasi

Untuk mengatasi kendala keuangan yang dihadapi oleh UMKM, Tim Pengabdi melakukan pendampingan mengenai dasar keilmuan keuangan tersebut dan juga pembelajaran mengenai pencatatan keuangan berbasis aplikasi. Disini Tim melakukan pendampingan untuk penggunaan Aplikasi Buku Kas sebagai alat bantu pencatatan keuangan.

2. Pemasaran Melalui Penyempurnaan Branding Produk Dan Pemasaran Digital

Permasalahan dalam aspek pemasaran dapat teratasi dengan solusi pendampingan penyempurnaan branding produk secara terperinci yang akan diulik secara langsung saat pendampingan. Selain itu juga dilakukan pendampingan untuk pemasaran digital melalui e-commerce. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan area pemasaran karena imbas dari PPKM (PerberlakukanPembatasan Kegiatan · Perkantoran)

3. Perekrutan Dan Evaluasi Sumberdaya Manusia

Dalam mengatasi permasalahan SDM, pendampingan ini berperan membagikan teknik pengelolaaan SDM yang tepat guna, mulai dari perencanaan rekrutmen hingga pemberian insentif untuk mendorong kinerja karyawan agar lebih tepat sasaran dan dapat dioptimalkan. Solusi ini nanti akan mampu membuat tenaga kerja Mitra memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

 

Penulis :

Dienni Ruhjatini Sholihah, DosenFakultasEkonomi dan Bisnis – UPN Veteran Jakarta

 

 






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Video Terbaru

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Iklan Bogor News