TPID Kota Bogor Gelar Operasi Pasar Murah Kendalikan Inflasi

By Redaksi 15 Mei 2019, 23:02:24 WIB | dibaca: 197 Kota Bogor

TPID Kota Bogor Gelar Operasi Pasar Murah Kendalikan Inflasi


BOGORnews.com ::: Dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga barang kebutuhan pokok selama bulan  Ramadan dan Idul Fitri 1.440 Hijriah yang berpotensi menyebabkan peningkatan angka inflasi, Tim Pengendali  Inflasi Daerah (TPID) Kota Bogor akan menyelenggarakan beberapa kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 15-26 Mei 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menjelaskan, OPM yang pertama adalah Bazar Murah Ramadan tanggal 15-16 Mei 2019 di Plaza Balai Kota Bogor. Ini merupakan program Bank Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Salah satu tujuannya mengendalikan inflasi. Bogor ini merupakan salah satu yang terdaftar sebagai penyumbang inflasi di Jawa Barat. Oleh karena itu dilakukanlah OPM melalui Bazar Murah,” kata Sekda di Balai Kota Bogor, Rabu (15/05/2019).

Dia menyebutkan, bentuk OPM ini tidak hanya dilakukan oleh BI tetapi berkesinambungan dengan program-program yang dibuat Kota Bogor.

“Ada yang diselenggarakan oleh Disperindag, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan PD. Pasar Pakuan Jaya,” sebutnya.

Ade menuturkan, beberapa kegiatan OPM yang akan digelar antara lain, OPM kerja sama Disperindag Kota Bogor dengan Disperindag Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini ditujukan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM), tersedia sebanyak 7.000 paket dimana masing-masing paket berisi 3 komoditi, yaitu beras, gula pasir dan minyak goreng.

"Paket ini akan didistribusikan di 6 Kecamatan," katanya.

OPM lanjut Ade, menggunakan sistem kupon bagi warga yang masuk persyaratan. Setiap paket dijual dengan harga Rp. 53.500 rupiah. Harga ini lebih murah dari harga normal sekitar Rp. 150.000.

OPM ini akan dilaksanakan dari tanggal 20-25 Mei 2019 dan di launching oleh Wali Kota Bogor Bima Arya tanggal 20 Mei 2019 di Kecamatan Bogor Tengah.

Sedangkan OPM yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan akan digelar tanggal 17-29 Mei 2019 di 6 Kecamatan se-Kota Bogor.

"Dalam kegiatan ini Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia," ujarnya.

Sementara untuk OPM yang sudah dan akan dilakukan PD. Pasar Pakuan Jaya adalah pasar ikan murah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari di pasar Sukasari, sejak tanggal 9-24 Mei 2019. (red/rls)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI