Pangan dan Air jadi Perhatian Serius para Alumni Indonesia-Jepang

By Redaksi 31 Okt 2019, 18:46:28 WIB | dibaca: 91 Bogor

Pangan dan Air jadi Perhatian Serius para Alumni Indonesia-Jepang



BOGORNews.com:::Sekitar 300 peserta mengikuti General Assembly and The Third International Symposium of JSPS Alumni Association of Indonesia (IS-JAAI) di Salak Heritage, Kamis (31/10/2019).

Ketua JAAI Subyakto kepada para wartawan mengatakan tujuan diadakan seminar ini adalah untuk melakukan kolaborasi penelitian antara alumni Indonesia dan Jepang.

"Kami harapkan dari acara ini,  bisa menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah terkait masalah food, water, energy, human and  environment security. Apalagi hal.ini sudah menjadi concern dari pemerintah Indonesia untuk segera ditangani," ujarnya.

Sementara itu Board of Supervisor JAAI, Bambang Subianto yang dalam wawancara didampingi Director of JSPS Bangkok Office, Kuniaki Yamashita menegaskan kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan salah satu bentuk kepedulian para alumni guna  melihat perkembangan para alumni di tanah air.

"Salah satunya kegiatan yang selalu kami lakukan setiap tahun adalah dengan mengelar bridge programe. Memberikan kesempatan kepada seorang alumni untuk diundang ke Jepang selama sebulan,"ujarnya.

"Selama di Jepang, alumni ini melakukan penelitian-penelitian yang topiknya membuat network baru di Jepang. Sehingga ada kelanjutannya ke depan," tandasnya.

Ada pun alumni yang diberikan kesempatan diundang ke Jepang harus memenuhi beberapa kriteria yang dipilih oleh  satu tim penilai. Tim penilai ini terdiri dari tiga orang yang berasal dari staf LIPI dan atase Kedutaan Jepang.

"Salah satunya alumni tersebut harus aktif di JAAI dan memiliki program dalam membangun jejaringan baru,"tandasnya.

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI,
Mego Pinandito meminta agar kegiatan riset hendaknya terorganisir dan bersinergi dengan baik antarlembaga mulai LIPI, BPPT, Kementerian, dan Universitas.

"Jika kekuatan ini disatukan dan fokus, pastinya akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa. Ini sejalan dengan program dari Presiden Jokowi, menciptakan SDM yang unggul,"pungkasnya. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI