Lomba Sekolah Sehat, Sekda Minta Jangan Hanya Sekedar Mengejar Juara

By Redaksi 13 Mei 2019, 19:23:43 WIB | dibaca: 69 Pendidikan

Lomba Sekolah Sehat, Sekda Minta Jangan Hanya Sekedar Mengejar Juara

BOGORnews.com ::: Menjelang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional 2019, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menggelar rapat evaluasi dan persiapan di ruang Paseban Sri Bima, Komplek Balai Kota Bogor, Senin (13/5/2019).

Ade Sarip meminta LSS jangan hanya sekedar ajang mengejar juara. Lebih dari itu, LSS bagi Kota Bogor harus menjadi basis untuk kepentingan mempersiapkan Kota Bogor sebagai kota yang sehat.

“Ketika program ini disanding dengan pendidikan, akan jauh lebih masif dipahami oleh masyarakat. Informasinya menyebar, menjadi karakter  dan suatu saat akan terwujud masyarakat yang sehat mulai dari lingkungan sekolah,” ungkap Ade Sarip.

Sedangkan, predikat juara dalam LSS ini merupakan bonus bagi Kota Bogor untuk menarik tamu dari daerah lain untuk berkunjung.

“Contoh ketika tahun kemarin TK Akbar juara LSS tingkat nasional. Sekian banyak daerah datang ke Kota Bogor hanya untuk berkunjung dan melihat bagaimana upaya menjadikan TK yang sehat demikian juga lingkungannya. Jadi hal itu berdampak pada kunjungan tamu ke Kota Bogor,” terangnya.

Dirinya menambahkan, saat ini Kota Bogor tengah mempersiapkan SMP Negeri 5 melaju ke tingkat nasional. SMP Negeri 5 Bogor tahun lalu menjadi juara I LSS tingkat Provinsi Jawa Barat.

Melalui rapat ini Ade ingin mengecek seluruh SKPD yang terlibat dalam tim. Semua diminta untuk aktif menginventarisir kekurangan. Nanti SKPD mengintervensi agar nantinya tidak ada lagi hal yang kurang tentang sekolah sehat.

“Minimal tri UKS bisa berjalan. Pertama kaitan dengan pendidikan. UKS harus ditingkatkan di sekolah oleh guru kepada para siswa termasuk guru-guru yang lain. Kedua, pelayanan kesehatan dan ketiga lingkungan,” jelasnya.

Terkait lingkungan seputar sekolah, Ade meminta Camat, Lurah dan Satpol PP berperan. “Lingkungan seputar SMP Negeri 5 jangan sampai ada kawasan yang kumuh dan menjual rokok,” beber dia.

Rapat evaluasi dan persiapan LSS tingkat nasional dihadiri Asisten Umum Setdakot Bogor Dody Achdiyat, Kepala Bappeda Erna Hernawati, Kabag Adkesra Iman dan perwakilan dari OPD serta organisasi terkait. (red/rls)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
Iklan Bogor News
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI