Kelapa Dalam Cungap Merah, Kelapa Eksotik Banyak Manfaat

By Redaksi 27 Sep 2019, 11:35:21 WIB | dibaca: 139 Sharing Info

Kelapa Dalam Cungap Merah, Kelapa Eksotik Banyak Manfaat



BOGORNews.com:::Kelapa Dalam Cungap Merah dikategorikan sebagai kelapa ‘eksotik’, menyebar di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. 

Varietas Kelapa Dalam Cungap Merah memiliki keunggulan antara lain mengandung anti oksidan tinggi seperti beta karoten 18.43 mg/100g dan antosianin 8.01 mg/100 g pada sabut, serta 1.28 mg/100 g (beta karoten) dan 1.5 mg/100g (antosianin) pada daging buah. 

Kemudian air buahnya mengandung anthosianin sehingga oleh masyarakat setempat digunakan sebagai obat. Selain anti oksidan, kelapa Cungap Merah juga memiliki beberapa vitamin, asam amino dan asam lemak yang sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan.

Buah kelapa Cungap Merah dipercayai oleh masyarakat secara turun temurun sebagai obat. Selain dimanfaatkan air buahnya, daging buahnya juga diolah menjadi minyak yang dipercaya berkhasiat sebagai obat.

Karakter spesifik yang dimiliki Varietas Kelapa Dalam Cungap Merah adalah akar pada tanaman dewasa berwarna merah kecoklatan, kulit batang, akar kecambah serta sabut kelapa muda berwarna merah muda, menjadi penciri morfologi yang memudahkan pengenalan Kelapa Dalam Cungap Merah di lapang. Jumlah Pohon Induk Terpilih 230 pohon dengan potensi benih 19.200 butir untuk pengembangan 96 Ha per tahun.

Varietas Kelapa Dalam Cungap Merah telah melalui tahapan observasi selama 4 Tahun. Kegiatan observasi merupakan kerja sama antara Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Balitbangtan Kementan dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Kelapa Dalam Cungap Merah ini telah disetujui untuk dilepas sebagai varietas unggul melalui Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan dihadapan Tim Penilai Varietas pada akhir April 2019 yang lalu. 

Mengutip ucapan Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Jelfina C. Allouw saat pertemuan The 55th International Coconut Community (ICC) Session and Ministerial Meeting Di Manila, Philippines, Agustus lalu, Kelapa Dalam Cungup merah ini menambah keragaman varietas kelapa yg sdh ada.
Dikatakan bahwa sekitar 100 aksesi SDG kelapa dan 38 aksesi di antaranya sudah dilepas. (Rls)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI