Kebun Raya Bogor Diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

By Redaksi 24 Mei 2019, 07:51:16 WIB | dibaca: 256 Bogor

Kebun Raya Bogor Diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO



BOGORnews.com ::: Kebun Raya Bogor  (KRB) yang merupakan salah satu kebun raya tertua di dunia terdaftar di tentative list UNESCO World Heritage Site (Situs Warisan Dunia). 

Hanya saja berdasarkan Zonasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  tidak memasukan Istana Bogor. Hal tersebut dikemukakan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati dalam Focus Group Discussion  di Gedung Konservasi, Kamis (23/05/2019).

"Dalam World Heritage tidak boleh ada bangunan baru yang dianggap tidak ada kaitan dengan dengan pelestarian. Namun jika bangunan tersebut terkait dan ada perannya, mungkin bisa dipertimbangkan,"ujar Enny.

"Kita kuatirkan adanya pembangunan yang modern di sekitar Istana Bogor. Ini nantinya akan membuat sulit penilaian. Sehingga untuk sementara Istana Bogor tidak kita masukan dahulu."

Ditambahkan oleh Enny, pihaknya untuk saat ini tidak akan melakukan pembangunan gedung di sekitar Istana Bogor. Kecuali Green House yang memang dibangun guna mendukung pelestarian.

"Green House tidak apa-apa dibangun sebab keberadaannya sangat mendukung pelestarian heritage yang ada di KRB. Malah tahun ini sebenarnya PUPR akan di bangun Green House yang mungkin tercanggih di Asia Tenggara. Hanya saja pelaksanaannya tertunda jadi tahun depan," pungkasnya.

Sebagai tambahan Inisiasi pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Situs Warisan Dunia dimulai sejak 25 September 2017. Setelahnya, dimulai penyusunan dokumen tentative list sebagai prasyarat awal nominasi. 

Dokumen tentative list diajukan ke UNESCO melalui Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 8 Juni 2018. Kebun Raya Bogor kemudian resmi terdaftar di Tentative List UNESCO World Heritage Site pada tanggal 26 April 2018.

Ada tiga komponen nilai utama dalam pengajuan Kebun Raya yang kini berusia 202 tahun tersebut. Pertama, Kebun Raya Bogor merupakan pusat riset botani tropika dunia yang juga melahirkan lembaga-lembaga penelitian lainnya di Indonesia. 

Kedua, Kebun Raya Bogor juga menjadi pusat aklimatisasi kelapa sawit
sebelum disebarluaskan ke seluruh dunia dan menjadi komoditas perkebunan yang penting hingga saat ini. Terakhir, keberadaan Kebun Raya Bogor diduga berasal dari kawasan hutan Samiddha sehingga berpotensi menjadi
Kebun Raya tertua di dunia. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI