Genome Editing, Teknologi yang Menjanjikan dan Perlu Dikembangkan

By Redaksi 13 Jan 2020, 19:42:09 WIB | dibaca: 68 Bogor

Genome Editing, Teknologi yang Menjanjikan dan Perlu Dikembangkan



BOGORNews.com:::Kemajuan di bidang bioteknologi ditandai dengan munculnya produk-produk hasil rekayasa genetika dan genome editing. Namun, pengembangan penerapan genome editing belum dibarengi dengan regulasi yang tepat dan jelas.

Di Indonesia, pemanfaatan teknologi rekayasa genetik diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2005 tentang Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik yang mengelompokkan hasil genome editing sebagai Genetically Modified Organisms (GMO) sehingga dalam proses pelepasannya akan mengikuti aturan pelepasan tanaman hasil rekayasa genetika. 

“Harapan kami pada tahun ini  Indonesia sudah mempunyai keputusan tentang kebijakan regulasi terkait pemanfaatan genome editing yang dibedakan kategorinya dengan produk rekayasa genetik yang lain,” ujar Plt. Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Yan Rianto.

Yan mengungkapkan saat ini LIPI  melakukan penelitian terkait genome editing yang aplikasinya masih menunggu regulasi. Hasil penelitian LIPI menghasilkan genome editing untuk peningkatan daya simpan ubi kayu dan modifikasi jalur biosintesis tanaman untuk meningkatkan kadar lignin pada tanaman kehutanan.

 “Kepastian sikap dan percepatan regulasi di Indonesia terhadap produk genome editing sangat diperlukan agar teknologi ini dapat segera dimanfaatkan dan diaplikasikan ke masyarakat secara maksimal,” ujar Yan.

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti menerangkan Indonesia sampai saat ini belum mempunyai perangkat peraturan yang memadai mengenai genome editing. “Beberapa negara saat ini sudah menetapkan posisi tentang genome editing dalam pengembangan teknologi bibit unggul. Untuk itu perlu kita dorong terus agar segera terwujud regulasinya di Indonesia.” jelas Puspita. 

Sementara itu Peneliti Bioteknologi 
Satya Nugroho mengemukakan Indonesia harus bisa mengantisipasi perkembangan produk-produk baru dengan genome editing. Untuk itu perlu adanya kesepakatan bersama.

"Kita perlu kesepakatan bersama bahwa genom editing bukan PRG. Sehingga ke depan bisa  langsung ke pelepasan konvensional dan tidak melalui regulasi yang rumit."

"Genom editing sangat menjanjikan dan perlu dikembangkan lebih lanjut lagi,"ujarnya.

Teknologi genome editing merupakan  salah satu bentuk rekaya genetika merupakan teknologi yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Saat ini, penerapan genome editing telah meluas dalam berbagai sektor meliputi pertanian, kesehatan, lingkungan dan industri di Indonesia. 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memandang regulasi yang tepat sangat dibutuhkan dalam pengembangan genome editing sebagai terobosan teknologi yang sangat bermanfaat.

Seminar & Workshop 2020 "Genome Editing: Status Riset Pengembangan dan Regulasinya” menghadirkan Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik, Tim Teknis Keamanan Hayati, Kementerian Pertanian, Badan POM, juga perwakilan dari negara yang telah menerapkan bioteknologi yakni Argentina, Brazil, dan Jepang. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI