Buka Munas Kepala BPPSDMP Ajak Widyaiswara Kementan Menjadi WI Berkelas Dunia

By Redaksi 08 Sep 2020, 10:54:44 WIB | dibaca: 123 Pemerintahan

Buka Munas Kepala BPPSDMP Ajak Widyaiswara Kementan Menjadi WI Berkelas Dunia

Media Digital Bogor

BOGORnews.com ::: Ciawi Bogor – PPMKP :  Widyaiswara (WI) Kementerian Pertanian (kementan) dituntut untuk mengembangkan diri agar menjadi Widyaiswara yang kompeten dan berkelas dunia serta mendukung program dan kebijakan kementan seperti kostratani dan mencetak petani milenial.

Demikian disampaikan  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi, saat membuka Musyawarah Nasional (Munas)  ke - 3 Ikatan Widyaiswara Indonesia Kementerian Pertanian (IWI KP) Tahun 2020, Rabu (3/9).

“WI adalah komponen utama pengembangan kualitas SDM pertanian. WI Kementerian Pertanian memiliki peran yang sangat besar untuk, mencetak petani milenial yang profesional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa enterpreneurship yang baik., “ ujarnya.

Hal tersebut sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, tentang tiga program aksi, yaitu gerakan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani),  penyuluhan pendidikan vokasi dan pelatihan mendukung petani pengusaha milenial serta penyuluhan pendidikan vokasi dan pelatihan mendukung program utama mewujudkan pembanguan pertanian yang maju, mandiri dan modern.  

Mengusung tema Bersama Wujudkan SDM Pertanian Unggul untuk Maju, Mandiri Modern Munas juga dihadiri Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,  . Muhammad Aswad,,

Muhammad Aswad menyampaikan perkembangan industri 4.0 dan pandemi covid membawa perubahan kondisi masyarakat, yang akhirnya menuntut WI untuk berubah.

 “WI harus memiliki kemampuan digital literasi (digital literasi) , dengan kemampuan berpikir yang tangkas mengikuti perubahan (agile mindset), dapat bekerja dalam situasi Integrated and flexible working time.  Agar WI dapat melayani ASN dan masyarakat dengan efisien menuju kondisi Bureaucracy operational efficiency dan Public service responsiveness, “ ujarnya.

Meski berlangsung secara virtual peserta yang merupakan widyaiswara Kementan tak kehilangan semangat. Munas berlangsung selama dua hari (2 – 3/9) diakhiri dengan pemilihan pengurus IWIKP.

Dr. Juniawan widyaiswara madya dari BBPP Ketindan dalam Munas kali ini terpilih dan langsung dilantik sebagai Ketua IWIKP periode kepengurusan tahun 2020 – 2024. Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kepengurusan IWI Kementan oleh Sekjen IWI Pusat, Ilhamsyah dilanjutkan dengan pelantikan oleh Ketua Umum DPP IWI Budhiarso Teguh Widodo. (Viera/Regi PPMKP)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Video Terbaru

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Iklan Bogor News