SDN Ciluar 2, Ajak Siswa Teladani Nabi Ibrahim Alaihis Salam Melalui Kurban

By Redaksi 13 Agu 2019, 16:34:19 WIB | dibaca: 178 Religi

SDN Ciluar 2, Ajak Siswa Teladani Nabi Ibrahim Alaihis Salam Melalui Kurban



InfoBOGOR ::: Keluarga besar Sekolah Dasar (SD) Negeri Ciluar 2, Senin (12/8/2019) pagi, menyembelih 2 ekor sapi dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di halaman sekolahnya, jalan Sukaraja, kecamatan Bogor Utara, kota Bogor.

Sebelum pemotongan hewan kurban, para siswa terlebih dahulu melaksanakan solat dhuha, setelah itu langsung menyaksikan proses penyembelihan kurban yang dilakukan di halaman depan sekolah tersebut.

Kepala SD Negeri Ciluar 2 H. Gunarto, S.Pd.I menjelaskan, pelaksanaan kurban di sekolahnya yang dilakukan merupakan hasil dari kerja sama pihak sekolah dan orang tua siswa.

Menurutnya, program kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk menanamkan pembelajaran moral dan kemuliaan akhlak suri tauladan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS sejak dini kepada seluruh peserta didik di SD Negeri Ciluar 2.

''Ada dua ekor sapi yang disembelih, yang pertama sebagai pembelajaran siswa agar nanti mereka (siswa) dewasa dan memiliki penghasilan sendiri (mampu) diharapkan bisa berkurban. Dana tersebut diperoleh dari keropak siswa setiap Jumat. Sedangkan satu ekor sapi diperoleh dari tujuh guru SDN Ciluar 2 sebagai motivasi terhadap siswa untuk berkeinginan berkurban," jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan berkurban di sekolah ini memasuki tahun ke-8 (delapan) yang mana setiap tahunnya berkurban 2 (dua) ekor sapi.

"Sebanyak 180 paket daging kurban dibagikan kepada siswa yang berhak menerimanya, 50 paket daging kurban dibagikan kepada masyarakat sekitar dan sisanya diolah (dimasak) oleh Paguyuban sekolah, kemudian dinikmati oleh seluruh siswa, orang tua siswa dan guru-guru," ujarnya.

"Kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap hari raya Idhul Adha dan semoga ditahun yang akan datang bisa meningkat dari 2 ekor sapi menjadi 3 ekor sapi" ujar Gunarto yang juga sebagai ketua musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) Bogor Utara.

Sementara Dian Aropah, S.Pd menambahkan pada hakekatnya Idhul Adha selain meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, tentunya mengajarkan untuk berbagi terhadap sesama manusia yaitu ketulusan dan keikhlasan untuk berbagi.

"Atas nama pihak sekolah, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua siswa yang telah berpartisipasi memberikan bantuan sehingga terselenggaranya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut dapat berlangsung sukses," tuturnya. (Boy)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI