WII Minta Calon Kepala Daerah Memiliki Visi dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup

By Redaksi 28 Feb 2018, 17:37:24 WIB | dibaca: 192 pembaca 

WII Minta Calon Kepala Daerah Memiliki Visi dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup




<.br>

BOGORnews.com:::Head of Office Wetlands International Indonesia (WII) , I Nyoman Suryadiputra meminta kepada calon kepala daerah hendaknya memiliki komitmen yang kuat dalam pelestarian lingkungan. Terutama keberadaan terhadap situ-situ yang ada di wilayah Bogor. 

Pasalnya, berdasarkan data dari WII, areal lahan basah jenis situ di Kota Bogor telah mengalami penurunan luas rata-rata sebesar 29% dalam kurun waktu 10 tahun (2000-2010). Tujuh situ di Kota Bogor tersebut yaitu: Situ Panjang, Situ Gede, Situ Leutik, Situ Curug, Situ Anggalena, Danau Bogor Raya, dan Danau Kebun Raya.

"Mumpung saat ini sedang masa pilkada,  saya mengusulkan agar calon kepala daerah yang maju harus punya wawasan dalam menyelamatkan lingkungan dan ruang terbuka hijau. Terutama situ-situ yang mulai tergerak dan beralih fungsi menjadi pemukiman dan industri,"ujar Nyoman usai acara Peringatan Hari Lahan Basah se-Dunia (World Wetlands Day) di Hutan Penelitian Dramaga, Situ Gede,  Bogor Barat,  Rabu (27/02/2018).

Lahan basah meliputi daerah-daerah rawa payau, lahan gambut, dan perairan, baik alami atau buatan, termasuk di dalamnya adalah danau, sungai, waduk/bendungan, sawah dan tambak.

Mengingat pentingnya keberadaan lahan basah untuk
mendukung fungsi ekonomi, sosial, dan ekologi, baik di
wilayah perkotaan maupun wilayah lainnya, Nyoman menambahkan perlu adanya upaya yang lebih serius dan terintegrasi dari berbagai pihak untuk mempertahankan dan melestarikan keberadaan situ-situ. 

"Caranya bagaimana, kita bisa mengundang para calon kepala daerah untuk berdialog. Seperti apa mereka memiliki konsep dalam menyelamatkan  lingkungan khususnya situ di bogor dan ruang terbuka hijau."

"Media masa juga bisa ikut berperan dengan  mengangkat tema-tema lingkungan dari calon kepala daerah dalam setiap kampanyenya,"imbuhnya. 

Hanya saja, ia berharap pesan lingkungan dalam kampanye tidak hanya sekedar bisa-basi saja. Tapi bisa diwujudkan saat sudah menjadi penjabat. 

"Kami bersedia menjembataninya agar mereka bisa memiliki wawasan terhadap lingkungan. Masyarakat juga bisa proaktif menggiring calon kepala daerah agar memiliki visi yang jelas dalam penyelamatan  lingkungan untuk keberlangsungan tempat tinggal kita,"pungkasnya. (DF) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article
  • VIDEO MARKETING

    sure, first-rate US military pressure. also, in his put up you have given a danger ...

    View Article