Tisu Magic Jadi Jajanan Favorit Remaja
"Mbak, Ada Tisu Magic ? "

By Redaksi 29 Agu 2016, 20:22:55 WIB | dibaca: 4141 pembaca 

Tisu Magic Jadi Jajanan Favorit Remaja

BOGORnews.com ::: CITEUREP - Ibarat barang konsumsi, keberadaan alat kontrasepsi dan obat-obatan terkait libido kian laku seiring ngetrennya fenomena pergaulan bebas.

Tak heran jika saat ini konsumennya tak hanya masyarakat dewasa. Untuk usia belasan tahun pun kini tak segan-segan menanyakan di toko obat hingga minimarket yang banyak disepanjang jalan.

"Tisu Magic-nya ada mbak, ?" tanya seorang anak pria berusia belasan tahun kepada penjaga sebuah Minimarket di kawasan Ruko Green, jalan raya citeurep - sentul, Kecamatan Citeurep, Kabupaten Bogor. beberapa waktu lalu.

Reporter bogornews.com, mencoba menelusuri bebas penjualan Tisu Magic.

Remaja yang menutupi seragamnya dengan jaket hitam dengan celana abu-abu tersebut lantas membeli satu pack berisi 6 sachet tisu basah merek Super Magic dengan harga Rp 13.000 Setelah membayar barang yang dibeli, remaja kurus berkulit putih itu pergi tanpa rasa malu meninggalkan minimarket tersebut.

Kasir minimarket, Cantik (bukan nama sebenarnya) mengatakan, tisu basah seperti itu memang sedang banyak dibeli oleh remaja. Dalam sebulan sekitar 20 kotak berisi 6 sachet laku terjual.

 "Kalau kondom sekarang tak banyak. Paling selusin yang terjual," kata Cantik sembari menyodorkan struk kembali.
Terdapat sejumlah merk kondom, alat test kehamilan dan beberapa kotak tisu magic yang tersisa dalam rak.

Senada diungkapkan uda Doni, dari toko obat 99 mengatakan, selama ini pembeli kondom di toko obatnya itu adalah orang dewasa, baik bapak atau ibu-ibu.

Meski bukan sekali ia didatangi pembeli usia muda yang ingin membeli alat kontrasepsi dan obat peningkat libido tersebut.

 " Kami disini cuma jual kondom untuk orang yang sudah berkeluarga. Banyaknya bapak-bapak. Tapi pernah juga ada yang masih muda, umurnya itu mungkin seperti anak baru lulus SMP, datang terus mau beli, saya tanya memangnya sudah nikah, mereka jawab sudah bahkan sambil menunjukkan anaknya. Ini anak kami, begitu katanya," cerita uda Doni.

Ia pribadi mengaku miris melihat kondisi seperti ini. Tapi ia enggan bertanya lebih jauh pada pembeli tersebut.

Sambung, Doni, penolakan terhadap anak usia sekolah yang membeli kondom dan obat peningkat libido hanya dilakukannya mengunakan feeling untuk mengetahui apakah pembeli sudah berkeluarga atau tidak.

"Kelihatan mana yang sudah dewasa, mana yang belum. Biasanya kami dari lihat begitu saja sudah tahu. Jadi kalau masih anak-anak ya nggak kami kasih," tutur pria yang sudah 15 tahun membuka usaha toko obatnya dikawasan jalan Citeurep, Desa Sanja, Kecamatan Citeurep itu.

Menanggapi hal tersebut, lulusan ilmu psikologis Universitas Sunan Gunung Jati, Bandung, Dea M.Psi mengatakan , itu  dilakukan bukan tidak karena kurangnya pengawasan.

Tidak adanya aturan yang melanggar secara tertulis, memicu remaja yang  mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. sikap antipati orang tua dan lingkungan semakin membuat para remaja mencari informasi dari orang lain atau dari sumber-sumber yang tidak jelas.

" ini akan lebih parah lagi ketika orang tua dan lingkungan memiliki sikap antipati. Seharusnya bisa saling mengawasi.terlebih untuk toko dan minimarket penjual obat dewasa, " pungkasnya.  *AJI







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Program Kasir 15 Nov 2017, 11:18:02 WIB

    Makin rusak aja nih pergaulan anak zaman sekarang.
    Harusnya ada program atau aturan yang tegas dari Pemerintah yang menginstruksikan agar setiap minimarket atau toko-toko lainnya untuk tidak menjual alat kontrasepsi dan obat-obatan terkait libido ke pembeli yang belum menikah (harus tunjukan akta nikah).

    Btw, itu siapa nama Kasirnya? Ada kontaknya gak..? hahaha...

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE