Tak Punya Bukan Alasan untuk Menyerah

By Redaksi 04 Mei 2018, 18:06:36 WIB | dibaca: 143 pembaca 

Tak Punya Bukan Alasan untuk Menyerah

BOGORnews.com ::: Siang itu, Deden, pria kelahiran Tasikmalaya yang tak lagi muda, sibuk mondar-mandir melayani para pembeli. Ramainya toko tak berpengaruh pada penghasilannya karena ia hanya seorang penjaga toko biasa. Tetapi sepinya pembeli sangat berpengaruh pada kelangsungan pekerjaannya di toko itu.

Ia bekerja di toko obat yang terletak di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Menjadi orang kepercayaan pemilik toko tak membuatnya besar kepala. Apa lagi maraknya kejadian vaksin palsu pada 2016 silam sangat berdampak pada turunnya jumlah pembeli yang datang. Sempat takut di pecat karena turun drastisnya pembeli yang datang dan jika ia di pecat itu berarti ia harus mencari pekerjaan lainnya agar anak-anak dan istrinya di kampung halaman bisa tetap makan.

Selain seorang penjaga toko obat, Deden juga menjadi seorang buruh tani lepas, tetapi penghasilan yang ia dapat saat menjadi seorang buruh tani lepas ini hanyalah 10% dari hasil panen saat itu. Jadi upah yang ia dapatkan bukan berbentuk uang melainkan beras hasil panen hari itu.

Di Ibu Kota, ia tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil dua petak tepat di belakang Pasar Kramat Jati. Ia harus rela hidup sehemat mungkin untuk menekan pengeluaran yang serba mahal di Ibu Kota. Bisingnya suara pasar pada malam hari pun harus ia abaikan.

Salah satu cita-citanya adalah menyekolahkan anaknya setinggi mungkin maka mimpinya membuat toko obat sendiri harus rela ia pendam karena uang tabungan yang selama ini ia kumpulkan terpakai untuk anak pertamanya melanjutkan pendidikan di salah satu universitas negeri ternama di Bandung. Ia berharap sang anak bisa menaikkan derajatnya dan menjadi manusia yang bermanfaat, harapan hampir seluruh orang tua di dunia ini. Sederhana namun menyentuh.

“Kebahagian sejati seorang pria itu bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.”

Penulis : 
Mentari Kasih, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Iscaa 04 Mei 2018, 19:35:08 WIB

    Tulisan yang menginspirasi

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE