Tahun 2020, LIPI Targetkan KRB Jadi Warisan Dunia

By Redaksi 22 Jan 2018, 19:31:37 WIB | dibaca: 180 pembaca 

Tahun 2020, LIPI Targetkan KRB Jadi Warisan Dunia

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati

BOGORnews.com ::: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengusulkan Kebun Raya Bogor (KRB) menjadi warisan dunia (World Heritage Site) UNESCO. Ditargetkan tahun 2020 rencana tersebut dapat terwujud karena KRB menyimpan banyak nilai historis (sejarah).

“Kami menargetkan akhir Januari ini diusulkan ke UNESCO, jika sudah diusulkan maka UNESCO akan mengecek semua dokumen, jadi harus mengendap setahun dulu sebelum masuk nominasi. Ditargetkan tahun 2020 dapat terwujud,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati  dalam acara Focus Group Discussion Pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Warisan Dunia di ruang Rafflesia, Gedung Konservasi, PKT Kebun Raya, LIPI, jalan Ir. H.  Juanda,  Kota Bogor, Senin (22/01/2018).

Untuk itu ia meminta komitmen semua, termasuk dukungan tertulis setelah acara ini ke semua stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Menurutnya mengapa Kebun Raya Bogor perlu menjadi warisan dunia karena memiliki nilai sejarah (historical values) dan memiliki keindahan alam (nature).

“Kalau sudah menjadi warisan dunia otomatis bisa menyelamatkan Kebun Raya Bogor dari ancaman, apalagi Kebun Raya Bogor lebih banyak yang dapat ditawarkan dibandingkan SBG (Singapore Botanic Garden) juga memiliki nilai jual dalam hal promosi dan kerja sama serta pendapatan sebagai ecotourism,” katanya.

Kebun Raya Bogor sejak dahulu sangat bermanfaat, bukan hanya bagi masyarakat Bogor tetapi juga untuk Jawa Barat, Indonesia bahkan untuk dunia. Kebun Raya Bogor juga sudah memiliki 2 kriteria sebagai World Heritage Site dari 10 kriteria, yakni kriteria menunjukkan pertukaran nilai-nilai kemanusiaan yang penting dalam rentang waktu tertentu atau dalam wilayah budaya dunia pada perkembangan arsitektur atau teknologi, seni monumental, desain kota atau desain lansekap (kriteria 2) dan menjadi contoh yang luar biasa dari jenis bangunan, arsitektur atau teknologi lansekap yang menggambarkan (a) tahap signifikan dalam sejarah manusia (kriteria 4).

“2 kriteria itu kita yang menentukan untuk diajukan ke UNESCO, sebetulnya Indonesia bisa mengajukan 10 kriteria, tapi semua kembali kepada dukungan dan dokumen pendukung,” tutur Enny.

Ia meminta dukungan Pemkot Bogor terutama komitmen berupa rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tidak dirubah sampai kapanpun dan sama-sama menjaga Kebun Raya Bogor dengan zonasi tertentu, kemudian membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai transportasi, Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Saya setuju apa yang dikatakan pak Wali, jadi tidak hanya disiapkan di dalamnya saja, tetapi juga diluarnya,” terangnya.

Enny menilai jika Kebun Raya Bogor resmi dijadikan warisan dunia, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal dan internasional. Jadi tidak hanya Kebun Raya Bogor yang akan berkembang sektor lain pun juga akan berkembang. Ia mengajak kepada semua untuk merubah paradigma bahwa Kebun Raya Bogor bukan hanya hijau dan sejuk tetapi ada manfaat lain, seperti manfaat tanaman untuk pengobatan karena di Kebun Raya Bogor tempat penelitian dan banyak ditanam tanaman obat.

“Jadi Kebun Raya Bogor harus dijadikan Public Sphere atau bagaimana orang berbondong-bondong datang ke Kebun Raya untuk kegiatan-kegiatan tertentu,” pungkasnya. *(red)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Mrs Limasly

    Cara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah ...

    View Article
  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article


BOGOR WEBSITE