SLW Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Situs Purbakala

By Redaksi 19 Apr 2018, 22:33:39 WIB | dibaca: 78 pembaca 

SLW Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Situs Purbakala

BOGORnews.com ::: Cibinong - Dewan Adat Sunda Langgeng Wisesa (SLW) mengajak masyarakat yang tinggal di sekitar situs-situs purbakala ikut aktif melestarikan warisan peninggalan leluhur Sunda.

Ketua Umum Dewan Adat SLW,  Karyawan Fathurahman kepada wartawan di Bogor, mengemukakan, keterlibatan masyarakat penting untuk menjaga warisan kekayaan cagar budaya di bumi Pakuan Pajajaran tetap lestari.

"Kami mengajak masyarakat yang tinggal di sekitar situs untuk ikut bertanggungjawab dan ambil bagian dalam menjaga aset besar sejarah bangsa," ujar Karyawan, Kamis (19/4/2018)

Dikemukakannya, sebagai pusat peradaban dunia pada masa silam, Bogor memiliki banyak situs bersejarah, tersebar di sekitar 400-an titik di seantero Kota dan Kabupaten Bogor.

"Setiap jengkal tanah Bogor memiliki situs purbakala. Hal ini harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah. Masyarakat pun perlu terlibat, karena karena banyaknya aset yang mesti dilindungi dan dilestarikan," pria yang juga "pupuhu" Yayasan Gentra Pajajaran ini.

Ketua Bidang Spiritual SLW, Agus Firmansyah menambahkan, situs-situs purbakala yang tersebar di wilayah Bogor Raya tidak hanya menjadi warisan kekayaan peninggalan leluhur masa silam, namun juga sebagai titipan generasi mendatang.

Oleh karena itu, keberadaan situs-situs purbakala mesti dijaga dan dilestarikan sebagai warisan nilai adiluhung dan bukti kejayaan peradaban Sunda di kancah dunia.

"Situs purbakala adalah saksi bisu sejarah yang harus dijaga. Bangsa lain mencoba merekonstruksi sejarah dengan mencari situs purbakala mereka. Sedangkan kita dianugerahi warisan cagar budaya yang terhampar di mana-mana. Ini mesti disyukuri dan dijaga," tegas Agus.

Dikemukakan, menjaga warisan leluhur merupakan bentuk ekspresi syukur kepada Allah, sebagai bentuk terima kasih kepada bahasa dan budaya ibu.

Selain itu, hal tersebut juga sebagai cermin kearifan lokal, dengan menjaga situs dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

"Di wilayah Bogor Raya ada ratusan komunitas seni budaya Sunda. Kami mengajak semua bersinergi dalam merawat kearifan lokal dan membumikan kembali nilai-nilai kasundaan di tengah masyarakat," bebernya.  (rls)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • jual hair fiber

    benar sekali itu. jika harus berurusan dengan kesehatan ada baiknya selalu memanfaatkan ...

    View Article
  • Dr. louis

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ...

    View Article
  • hgh Supplements from Amazon

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE