Sineas Muda, Kreatif Tidak Harus Rumit

By Redaksi 14 Mei 2018, 15:23:34 WIB | dibaca: 169 pembaca 

Sineas Muda, Kreatif Tidak Harus Rumit

BOGORnews.com ::: Film pendek merupakan salah satu tontonan yang banyak diminati masyarakat. Walaupun durasinya pendek, namun ia memiliki sisi menarik bagi penikmatnya. Dalam film pendek, seorang kreator harus bisa menyampaikan makna dari cerita dengan waktu yang singkat. Film pendek juga merupakan film yang memberikan kebebasan bagi pembuat dan penikmatnya, sehingga kreator-kreator saling berlomba membuat film pendek yang lebih kreatif.

Produksi film pendek membutuhkan ide yang lebih kreatif dibanding film biasa. Lucky Kuswandi dalam Viva.co.id, mengatakan bahwa membuat film pendek tidak hanya sekedar mengandalkan pengambilan gambar serta akting yang memukau. Sang kreator juga harus menciptakan alur dan latar yang kuat demi membentuk cerita secara garis besar.

Seiring perkembangan teknologi, banyak anak muda yang mengarahkan ketertarikannya dalam industri audio-visual, salah satunya film pendek. Sehingga banyak bermunculan sineas-sineas muda dari yang pemula hingga yang sudah mahir, yang turut membanggakan industri film Indonesia. Beberapa sineas muda itu diantaranya, Wregas Bhanuteja, Lucky Kuswandi, dan yang baru-baru ini sedang berkarya untuk mengharumkan nama Indonesia dalam industri film pendek, yaitu Dio Alfareza.

Dio mulai bergelut dalam sinematografi sejak masih duduk di bangku SMP. Awalnya ia hanya membuat video-video iseng dari kamera DSLR temannya, hingga lama kelamaan tertarik untuk membuat sebuah film pendek. Merasa nyaman dengan hobi barunya, Dio akhirnya memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di SMKN 51 Jakarta, jurusan Broadcasting. Selama di SMK, ia beserta  timnya sudah dua kali berturut-turut menang dalam ajang Jennesy Film Festival di Jepang tahun 2015 dan 2016. Tidak hanya itu saja, Dio beserta timnya juga meraih penghargaan best film pada ajang Anugerah Film Indonesia yang diadakan di Manado pada tahun 2016.

Untuk bisa seperti Dio, butuh proses yang harus dilakukan bersama tim. Menurut Dio, salah satu hal yang menentukan suatu film berhasil atau tidak, yaitu kekompakan tim atau kelompok. Selain itu, di bawah ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk bisa membuat karya film pendek yang baik versi Dio Alfareza.

Buatlah ide yang sederhana

Kreatif itu bukan hal yang rumit, membuat hal sederhana yang disukai banyak orang, itulah kreatif. Untuk mendapat ide cerita, cukup lihat kehidupan sehari-hari atau yang sesuatu yang dekat dengan kita. Bagus atau tidaknya sebuah film pendek, ditentukan oleh bagaimana tim mengemas ide yang sederhana menjadi lebih kreatif.

Melatih Diri

Untuk bisa berpikir kreatif khususnya dalam pembuatan film, hendaknya melatih otak dengan membaca buku, menulis naskah, menonton semua genre film, dan mengikuti berbagai seminar tentang film. Belajar di rumah atau di sekolah saja tidak cukup untuk menambah ilmu pengetahuan tentang film, kita juga perlu belajar dari pengalaman orang lain, terutama sineas yang sudah sukses di bidangnya. Selain itu semua, yang paling penting adalah melatih diri untuk mandiri dan tahan terhadap situasi yang ada. Karena dalam pembuatan film, kita bekerja dengan tim, yang artinya harus menyatukan pemikiran dan pendapat dengan seluruh tim.

Nikmati Prosesnya

Ada pepatah yang mengatakan, “Proses tidak akan mengkhianati hasil”, maka nikmatilah setiap proses yang ada. Hadapi proses itu dengan kemampuan yang maksimal, dan jadikanlah setiap kesalahan sebagai pembelajaran untuk ke depannya nanti.

“Memproduksi film itu tidak terlalu sulit, apalagi jika kita sudah suka dengan industri film. Biasanya yang sulit itu hanya budget.” menurut Sultan Syahrul, salah satu pemuda yang aktif membuat film pendek. Saat ini sudah semakin banyak pemuda-pemuda yang berkarya dalam industri film pendek, maka diharapkan akan semakin banyak juga ruang untuk pemutaran film-film pendek tersebut.

Penulis
Mulyani, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Murah

    Oke boss thank you. http://www.tierbonavi.com ...

    View Article
  • High School Diploma

    I was guessing if You Could write a little more on this subject? I’d be very ...

    View Article
  • Life Experience Degree

    I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would ...

    View Article


BOGOR WEBSITE