Seni Degung Kota Bogor Jawara Jawa Barat

By Redaksi 06 Nov 2017, 20:25:37 WIB | dibaca: 202 pembaca 

Seni Degung Kota Bogor Jawara Jawa Barat

BOGORnew.com ::: Kota Bogor kembali menorehkan prestasi di bidang seni dan budaya. Kali ini seni Degung yang diwakili SMAN 1 Kota Bogor meraih juara pertama Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam kegiatan Pasanggiri Seni Degung Piala R.A.A Wiranata Kusumah yang digelar Balai Pengelolaan Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat di Gedung Rumentang Siang, jalan Baranangsiang, Bandung, 4 - 5 November 2017

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi, prestasi ini merupakan prestasi yang dipertahankan Kota Bogor pada tahun sebelumnya.

”Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal untuk terus membina kesenian degungan di Kota Bogor. Secara khusus saya haturkan apresiasi dan terima kasih kepada kang Ade Suarsa, pimpinan Sanggar Edas yang telah membina SMA Negeri 1 Kota Bogor,” kata Shahlan seusai mendampingi Wali Kota Bogor Bima Arya saat audiensi di ruang Paseban Punta, Balaikota Bogor, Senin (06/11/2017).

Dalam kegiatan Pasanggiri Seni Degung Tahun 2017, Kota Bogor yang diwakili SMAN 1 Kota Bogor telah mempersiapkan diri sejak beberapa bulan menjelang lomba. Dengan prestasi yang diraih diharapkan bisa menjadi hadiah bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Selain itu, kesenian degung  merupakan warisan budaya sunda yang harus dilestarikan dan kearifan lokal yang harus dipertahankan.

“Dalam setiap kegiatan pernikahan orang sunda, musik degung sering dimainkan sebagai musik penghantar yang cukup enak untuk didengar. Selain itu harapan kami bukan hanya SMAN 1 Kota Bogor dan SMA Budi Mulya (juara tahun 2016) yang memiliki group degung, tapi sekolah lain juga memilikinya, mulai dari SD, SMP hingga SMA agar terus dibina,” ujar Shahlan.

Namun Shahlan menyebut, saat ini guru degung atau guru seni sudah sangat kurang, tidak hanya di Kota Bogor bahkan di Indonesia. Kedepan ia berharap guru seni ini harus diperbanyak, khususnya seni sunda karena tinggal di Jawa Barat.

Selain itu, pihaknya akan melakukan pelatihan terkait pelestarian kesenian sunda, seperti degung, angklung, kacapi dan suling. Intinya kesenian sunda harus jadi barometer di Kota Bogor. “Kami juga berencana akan menggelar Pasanggiri Seni Degung Tingkat Kota Bogor,” pungkasnya *(red/iso)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE