Segudang Manfaat dari Mengkudu

By Redaksi 15 Mei 2018, 02:26:48 WIB | dibaca: 233 pembaca 

Segudang Manfaat dari Mengkudu

BOGORnews.com ::: Buah bernama latin Morinda citrifolia L. ini dikenal dalam dunia kesehatan akan semua manfaat serta khasiatnya. Mengkudu juga dikenal dengan sebutan pace, kemudu, cangkudu, dan masih banyak lagi. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan buah ini untuk pengobatan alternatif terhadap berbagai penyakit.

Buah berwarna hijau kekuningan saat masak ini memiliki ciri khas, yaitu bertotol-totol dan tumbuh di daerah tropis dengan bau buahnya ketika matang yang menyengat. Mengkudu dapat ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Dilansir dari situs alodokter.com, mengkudu mengandung berbagai macam zat, salah satunya adalah kalium, yang mampu mempertahankan daya tubuh. Dijelaskan juga, ternyata buah ini bisa digunakan sebagai pelembap dan menyamarkan penuaan dengan cara dioleskan di kulit, namun efektivitas pengobatan dengan buah ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

Riset medis tentang mengkudu dimulai pada tahun 1950, ketika jurnal ilmiah Pacific Science melaporkan bahwa buah mengkudu menunjukkan sifat anti-bakteri terhadap M. pyrogenes, P. Aeruginosa, dan bahkan E. coli sebagai bakteri yang mematikan.

Menurut Ahli Gizi Klinik dari R.S Siloam Kebon Jeruk dr. Marya Warascesaria Haryono, SpGK, dalam mengkudu mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Katanya, senyawa itu baik untuk kesehatan.

"Kalau ada radang sendi, buah yang mengandung senyawa anti inflamis ini membantu meredakannya", ujarnya saat wawancara.

Azuarni Sabir, salah satu pengonsumsi buah mengkudu asal Depok mengatakan bila rutin mengonsumsinya, mampu menjaga kesehatan tulang dan sebagai obat alami pelangsing tubuh. Mengolahnya pun dengan cara direbus dan diambil sari buahnya untuk diminum.

"Rasa buah mengkudu kecut, tapi kalau kuat meminum dan menahan baunya, tidak apa-apa. Kalau mau, tambah saja madu atau gula untuk penambah rasa", imbuhnya.

Menurut pendapat penulis, meski dikatakan mampu melawan berbagai macam penyakit, tentunya harus dalam batasan konsumsi yang normal. Walau cenderung aman sebagai salah satu jenis buah, tetap saja perhatikan kondisi tubuh dengan riwayat penyakit tertentu.

Dengan banyaknya manfaat dan kandungan nutrisi dari buah mengkudu mungkin membuat Anda tertarik, tapi  bijaklah dalam mengonsumsi dan perhatikan dampak yang akan ditimbulkan.

Penulis :
Risda Nadiva, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE