PPMKP Pacu Calon PNS Kembangkan Potensi

By Redaksi 02 Jul 2018, 20:06:44 WIB | dibaca: 375

PPMKP Pacu Calon PNS Kembangkan Potensi

Kepala PPMKP, Heri Suliyanto




BOGORnews.com ::: Ciawi - Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Kementerian Pertanian, kembali menggelar Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) tahun penerimaan 2018. Kegiatan yang berlangsung sejak 1 Juli hingga 16 November 2018 ini dibuka secara resmi oleh Kepala PPMKP, Heri Suliyanto di Komplek Surya PPMKP Ciawi, Bogor, Senin (2/7).

Dalam kegiatan yang dihadiri para pejabat pembina kepegawaian dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Keamanan Laut RI (Bakamla RI), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian Koperasi dan UKM), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Badan Informasi Geospasial (BIG) tersebut, Heri Suliyanto mengungkapkan, sebagai lembaga Diklat yang memperoleh Akreditasi A dalam pelaksanaan Pendidikan bagi calon Aparatur Sipil Negara (ASN), PPMKP tidak hanya menyelenggarakan pendidikan bagi calon pegawai Kementerian Pertanian, namun telah menjalin kerja sama dengan banyak kementerian dan lembaga untuk menggembleng calon-calon pegawainya.

Hal ini, menurut Heri menjadi tantangan tersendiri bagi PPMKP untuk bisa mempersiapkan calon pegawai yang tidak saja memenuhi kebutuhan lembaga, namun secara umum, bisa meningkatkan kualitas birokrasi di Indonesia. “Saat memberikan kuliah umum di hadapan para CPNS di Senayan, Presiden Joko Widodo men-challenge untuk mewujudkan world class bureaucracy. Ini tantangan tidak hanya bagi CPNS, tapi bagi penyelenggara diklat dan fasilitator pengampu mata diklat juga dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang bisa menjawab tantangan itu,” ungkapnya.

Secara umum, Heri menekankan para CPNS setelah mengikuti Latsar nantinya harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik dan pelayan masyarakat. Selain itu, para alumni Latsar juga harus mampu menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Jika ini bisa diwujudkan, pertanyaan apakah Indonesia masih ada atau tidak di tahun 2030, dengan sendirinya bisa dipastikan terjawab. Indonesia masih ada karena masih ada PNS yang menjadi perekat NKRI,” papar Heri.

Heri juga mengungkapkan, dengan berpatokan pada kurikulum Latsar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berstandar nasional, PPMKP berupaya mengembangkan kompetensi teknis dan administratif peserta. Selain itu, pihaknya juga berupaya memacu peserta untuk mengembangkan potensi dan kompetensi manajerial dan sosio kulturalnya. “Kompetensi manajerial dan sosio kultural ini dibutuhkan ketika para pegawai ini menduduki jabatan manajer atau pimpinan. Di waktu mendatang, saudara-saudara peserta diklat ini mungkin akan menduduki jabatan manajer di level pengawas atau eselon IV yang sangat membutuhkan kompetensi ini,” tambah Heri.

Tantangan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja ini, lanjut Heri, sejalan dengan fasilitasi yang telah diupayakan pemerintah. Saat ini, pemerintah telah memberikan reward dalam bentuk pendapatan yang sudah jauh lebih baik dibanding dengan generasi sebelumnya. Disparitas pendapatan PNS dengan sektor swasta saat ini semakin tipis, sehingga membuat profesi PNS menjadi profesi yang favorit.

Oleh karena itu, Heri berpesan agar peserta benar-benar memanfaatkan Latsar ini dengan sebaik-baiknya. Mengingat bardasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, CPNS hanya punya kesempatan satu kali mengikuti Latsar sebagai syarat untuk menjadi CPNS. Jika tidak lulus, tidak hanya merugikan yang bersangkutan, tetapi merugikan lembaga yang menerimanya. “Ikuti dengan serius dan fokus setiap agenda kegiatan yang ada tanpa menghilangkan unsur enjoy di dalamnya,” tegas Heri.

Latsar CPNS kali ini diikuti 119 peserta yang berasal dari Batan, Bakamla RI, Kemenkop dan UKM, BPKP, Bappenas, dan BIG. Para peserta ini dibagi dalam tiga kelas yakni angkatan XVIII, XIX dan XX.***






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • plcmpj

    viagra online pharmacy net http://canadian-pharmacie.com <a ...

    View Article
  • cecileko60

    Started up to date cobweb throw http://summer.ablogs.relayblog.com/?post.jordyn ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article