Ponpes Hidayatul Muqorrobin Gelar Pertemuan Pemuka Pesantren se-Bogor Utara

By Redaksi 22 Okt 2018, 16:58:03 WIB | dibaca: 280

Ponpes Hidayatul Muqorrobin Gelar Pertemuan Pemuka Pesantren se-Bogor Utara

Ahmad Fahir




BOGORnews.com ::: RANCABUNGUR - Pondok Pesantren Hidayatul Muqorrobin, yang berlokasi di Kampung Cimanggu, Desa, Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, menggagas pertemuan para kiai pemuka pesantren yang berada di wilayah utara Kabupaten Bogor.

Ahmad Fahir selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, pertemuan para pemuka pesantren akan digelar pada sabtu - minggu, 3-4 November mendatang, yang dipusatkan di komplek Pesantren Hidayatul Muqorrobin.

"Pertemuan ini untuk memperkuat peran pesantren sebagai benteng dan pusat pengembangan ajaran ahlussunnah wal jamaah ala manhaj Nahdlatil Ulama," kata mantan aktivis Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB ini.

Fahir yang juga alumnus Pesantren Daarul Rahman, Jakarta, ini mengatakan, pesantren harus mampu menghadang faham yang datang dari luar, baik berupa ajaran trans nasional ala Wahabi maupun faham-faham liberal yang datang dari Barat.

"Pesantren dalam sejarah kelahirannya oleh Syaikh Quro pada masa Kerajaan Pajajaran di bawah kepemimpinan Prabu Siliwangi, merupakan lembaga pendidikan Islam khas Sunda. Pesantren mewakili karakter budaya bangsa, yang mayoritas berfaham aswaja ala NU," tegas Fahir.

Pengasuh Pesantren Hidayatul Muqorrobin, KH Hamzah Hasyim menambahkan, pesantren selalu mampu beradaptasi dengan perubahan zaman.

"Pesantren selalu mampu menghadapi berbagai macam tantangan perubahan zaman yang dihadapi," ungkap kiai tamatan Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.
Pertemuan para pemuka pesantren tersebut dikemas dalan sejumlah kegiatan selama dua hari penuh, yaitu berupa khataman Al-Quran dan Dzikrul Ghofilin pada Sabtu pagi, Tawassul dan Khatmul Muniri pada Sabtu malam dan tablig akbar maulid nabi, Minggu pagi.

Hamzah menyampaikan, kegiatan Dzikrul Ghofilin akan dipimpin oleh para jamaah Dzikrul Ghofilin Gus Miek dan komunulitas alumni Lirboyo. Sedangkan tawassul dan khotmul muniri dipandu jamaah Thoriqoh Al-Muniriyah, Bogor.

Adapun tabligh akbar Maulid Nabi disampaikan oleh Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Barat dan Pengasuh Pesantren At-Tawazun, Subang, KH Musyfiq Amrullah.

Selain mengundang para pemuka pesantren dari wilayah utara Kabupaten Bogor, kegiatan tersebut juga terbuka untuk umum, diperkirakan dihadiri 1.000 orang jamaah. "Kegiatan ini sekaligus untuk memperkuat peran para kader NU dan pemuka pesantren dalam upaya merawat eksistensi pesantren, sebagai benteng aswaja," kata KH Hamzah Hasyim. (red/rls)

 






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • plcmpj

    viagra online pharmacy net http://canadian-pharmacie.com <a ...

    View Article
  • cecileko60

    Started up to date cobweb throw http://summer.ablogs.relayblog.com/?post.jordyn ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article