Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

By Redaksi 15 Jun 2017, 21:49:22 WIB | dibaca: 290 pembaca 

Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

Foto : Gallery Google

BOGORnews.com ::: Kuliah adalah tempat mencari dan menambah wawasan ilmu. Selain sebagai tempat untuk belajar, kuliah juga bisa menjadi wadah apresiasi mengembangkan bakat mahasiswa. Di fase ini, setiap individu dapat mengexplore hard skill dan soft skill yang ada pada masing-masing dirinya lewat berbagai macam kegiatan yang ada di kampus.

Selain berkutat dengan buku tebal, laporan pratikum, dan berbagai macam tugas yang selalu menjadi santapan sehari-hari. Kehidupan manusia di kampus tidak selalu melulu belajar, dan belajar. Tetapi ,perlu sekali mengikuti kegiatan di luar jam perkuliahan, salah satunya organisasi. Seperti, mengikuti organisasi pecinta alam, basket, fotografi, dll sesuai passion dan kemauan diri sendiri.

Sehingga organisasi merupakan satu tempat untuk berkumpul dan berinteraksi antara satu individu dengan individu lain, yang memiliki minat dan kepentingan berbeda bersatu mewujudkan satu tujuan yang ingin dicapai.

Karena disetiap universitas, pasti  disediakan berbagai macam organisasi yang bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan keahlian yang ada pada dirinya. Seperti, Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM), Majelis Permusyarawatan Mahasiswa, Himpunan Jurusan, Lembaga Dakwah Kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Komunitas.

Tetapi selain itu, pernah kah kalian mendengar istilah “jangan sampai kuliah mu mengganggu organisasi mu”. Pernahkah kalian mendengar istilah semacam itu ? Jika pernah, istilah semacam itu biasanya diucapkan oleh para aktivis kampus, ataupun orang yang ikut berorganisasi. Lantas pentingkah organisasi bagi mahasiswa ?

Organisasi sebenarnya penting bagi mahasiswa, karena banyak manfaat yang di dapat. Seperti :

Mengasah Soft Skill
Jika menambah ilmu pengetahuan dan wawasan identik dengan hard skill. Maka, soft skill itu apa ? Soft Skill adalah kemampuan lain dari ilmu pengetahuan, seperti kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan leadership, dll.

Mengapa di organisasi, kita dapat mengasah soft skill ? karena di organisasi kita bisa belajar apa yang tidak didapatkan di kelas, bisa didapat di sini. Contohnya,  kemampuan leadership, mengapa kemampuan leadership didapat di organisasi ? bukan di kelas. Karena, di organisasi, setiap individu belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap tugas dan amanah yang dia dapat.

Bukan hanya belajar bertanggung jawab, kalian juga dapat belajar bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi dengan cara bekerja sama satu sama lain.

Memperluas Jaringan
Apa kaitannya antara memperluas jaringan dengan organisasi ? bukannya, apabila kita belajar di kampus pasti mengenal dengan  teman-teman yang satu kelas atau satu jurusan dengan kita ?

Ya memang betul, di kelas kalian  hanya mengenal teman sekelas saja.

Tetapi, apabila mengikuti organisasi, contohnya Unit Kegiatan Mahasiswa Teater, pasti dapat bertemu dengan banyak orang. Bukan hanya dari satu jurusan, tapi dengan orang-orang dari jurusan lain yang memiliki bakat dan minat terhadap dunia seni yang sama. Sehingga membuat relasi pertemanan kalian lebih luas cakupannya.

Menambah Nilai CV (Curiculum Vitae)
Mengikuti seabrek kegiatan yang di selenggarakan oleh tempat kamu organisasi, bisa menjadi nilai plus buat kamu yang ingin melamar kerja. karena banyak dari perusahaan yang melihat keaktifan pelamarnya sewaktu duduk di bangku kuliah. Karena bagi perusahaan, bukan hanya kemampuan akademik yang dicari, tetapi perusahaan juga mencari seseorang yang memiliki bakat lain.

Jadi berbanggalah sedikit bagi kamu yang mengikuti organisasi, karena kamu punya satu langkah lebih maju dibanding mereka yang tidak ikutt.

Jika di lihat dari manfaatnya, organisasi juga penting dalam dunia perkuliahan. Karena memiliki manfaat yang tidak kita dapat di kelas dengan di organisasi. Tetapi selain banyak manfaatnya, di sisi lain organisasi juga memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Seperti mereka yang terlalu sibuk dengan dunia organisasinya, kadang kurang fokus dalam belajar, bahkan kadang kuliahnya terganggu apabila terlalu sibuk dengan agendanya. Sebenernya tergantung individu yang mengikuti organisasi, apabila ia bisa membagi waktu dan tau mana prioritasnya, inshaAllah organisasi dapat berjalan seiring dengan baik.

Sehingga mereka  yang mengikuti organisasi belum tentu bisa dikatakan baik dibanding mereka yang tidak ikut. Karena tergantung masing-masing individu dalam menyikapinya.


Artikel Kiriman :
Risni Safitri

Politeknik Negeri Jakarta






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. Master Seo 16 Jun 2017, 08:09:19 WIB

    Terima kasih atas berita dan informasinya, sangat banyak manfaatnya pak..
    di tunggu updatenya :)
    Salam kami :
    http://optimasiseoblog.wagomu.id/ | http://www.mediaku.biz/

    Parabola TV Islam 16 Jun 2017, 08:30:48 WIB

    Terima kasih atas updatenya, berita berita website ini sangat memberi informasi bagi kami, salam hangat kami...

    Jual Souvenir Wisuda 16 Jun 2017, 09:00:49 WIB

    Senang sekali bisa menyimak info info hangat di website ini, salam kami.

    Grosir Jaket Parka 16 Jun 2017, 09:55:20 WIB
View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Jasa Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Reviews of essay writing service

    It is truly a nice and helpful piece of information. I am glad that you just ...

    View Article
  • agen judi poker

    Useful info sir.. Thanx for publish this useful Article… ...

    View Article


BOGOR WEBSITE