Pengemis dan Anjal Makin Marak di Bogor

By Redaksi 26 Okt 2017, 00:35:43 WIB | dibaca: 264 pembaca 

Pengemis dan Anjal Makin Marak  di Bogor

Pengemis dan Anak Anak Jalanan Saat Beristirahat Di Sudut Kota Bogor

BOGORnews.com ::: Pengemis dan anak-anak jalanan semakin banyak memenuhi setiap sudut Kota Bogor. Ironisnya para gepeng tersebut didominasi kaum ibu, anak-anak bahkan balita. Mereka keluyuran siang malam dan tak peduli hujan angin menerpanya.  

Sebut saja Ani (7). bocah ini mengamen menggunakan botol kemasan plastik yang diisi pasir. “Saya ngamen duitnya untuk makan. Bapak saya sudah meninggal, ”tuturnya. Pengamen cilik ini mengaku disuruh oleh ibunya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, bahkan iapun tak jarang ditemani sang bunda saat beroperasi.

Rupanya sekarang sudah menjadi trend orang tua melatih anaknya menjadi pengemis. “Habis mau cari kerja apa lagi? Hidup semakin berat dan sulit. Kami terpaksa mengemis, karena suami saya sudah meninggal, sementara anak saya butuh makan,”ujar Ocah bersama anaknya menjadi pengemis di perempatan lampu merah Pangrango.

Tak hanya pengemis dan anjal yang makin marak di Kota Bogor, karena desakan ekonomi berbagai cara dilakukan sekelompok remaja untuk meminta minta uang dari masyarakat pengguna jalan. Seperti yang dilakukan manusia-manusia Silver. Mereka mengecat seluruh tubuhnya mulai dari rambut, tubuh, tangan kakinya berwarna silver.  Mereka pun beraksi di perempetan jalan di Kota Bogor. Sepntas seperti patung, namun mereka bisa bergerak. Kendati mereka sering kali ditertibkan oleh Satpol PP dan Dinas Sosial jumlahnya tidak semakin berkurang.

Melihat kondisi ini salah satu anggota DPRD Kota Bogor Najamudin mengaku prihatin dengan fenomena sosial ini. Najamudin meminta kepada Pemerintah Kota Bogor untuk lebih serius dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tersebut.

“Ini tanggung jawab Pemerintah, karena dalam UUD 1945 pasal 34 ayat 1, diamanatkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Jadi, bukan hanya sekedar ditertibkan, tanpa adanya  solusi“ tegas wakil Ketua Fraksi Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Bogor itu ketika minta tanggapannya seusai menghadiri Sidang Paripurna DPRD, Rabu (25/10/2017)  

Sementara itu Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, untuk menangani anak-anak jalanan, Pemkot Bogor akan memprogramkan orang tua asuh bagi mereka. Nantinya untuk orang tua asuhnya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ligkungan  Pemkot Bogor, “ kata Bima.

Bima berjanji akan mengambil dua sampai lima anak. Semua anjal akan diperhatikan dan menjadi anak asuh dari para pejabat eselon dua. Nanti akan diatur sistemnya dan diundang perwakilan anak jalanannya,” ujar Bima.

Menanggapi rencana tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor Azrin Syamsudin mengatakan, Dinsos akan menyiapkan data semua anjal yang ada di Kota Bogor. Sebelumnya sudah ada 195 anjal yang terdata di Dinsos. Ditambah dengan data terbaru saat sidak ada 128 anjal. Kedua data tersebut akan di singkronkan dan dilihat mana yang bisa menjadi anak asuh. “Tentunya yang akan dipilih menjadi anak asuh mereka yang tidak mampu, baik mempunyai keluarga ataupun tidak serta yang berada di usia sekolah,” jelasnya.

Setelah itu, lanjut Azrin, anak-anak tersebut akan diseleksi lagi mana saja yang masuk ke pendidikan formal atau informal yang lokasi sekolahnya dekat dengan rumah. Anak-anak yang diasuh orangtua asuh ini akan dibuatkan perjanjian komitmen agar tidak kembali lagi ke jalanan dengan alasan mencari nafkah.  “Selain karena terkait keamanan dan ketertiban setiap anak usia sekolah memang harus sekolah,” katanya.

Ia menuturkan, pihaknya juga akan bersinergi dengan OPD terkait untuk memberikan berbagai pelatihan kepada anjal yang berada di usia produktif. Mulai dari pelatihan salon, bengkel, UMKM dan lainnya. “Dinsos fokusnya lebih kepada rehabilitasi, pembinaan dan pemberdayaan anjal,” pungkasnya. *(red/iso)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE