Pengamat : Politik Identitas Sah-Sah Saja dalam Pilkada, tapi...

By Redaksi 11 Mar 2018, 21:31:19 WIB | dibaca: 277

Pengamat : Politik Identitas Sah-Sah Saja dalam Pilkada,  tapi...

Faisyal, M.Si




BOGORnews.com ::: Pengamat Politik dari Universitas Bung Karno, Faisyal, M.Si mengemukakan politik identitas dalam pemilu sah-sah saja. Masyarakat boleh memilih berdasarkan kesukuan, ras dan agama.

"Dalam  pemilu itu wajar, Karena demokrasi mengakui pluralisme. Dalam paham demokrasi, identitas kesukuan, agama dan ras diakui keberadaanya. Karena pada dasarnya manusia lahir beragam, tidak sama,"ujarnya saat membuka obrolan dengan  Bogornews.com, Minggu (11/03/2018).

Begitu pula agama, lanjutnya, ia hadir tidak tunggal. Namun multi. Semuanya punya paham dan pengikut atau umat masing-masing.

"Yang menjadi persoalan, ketika politik identitas dijadikan sebagai alat untuk kampanye hitam. Memojokan sebuah suku, agama dan ras. Pada titik ini yang tidak boleh. Sebab bisa merusak     tatanan kehidupan bernegara dan menimbulkan konflik,"tandasnya.

"Namun alangkah baiknya. Jika dalam memilih seseorang tidak lagi melihat latar belakang suku, agama dan ras. Tapi kapabilitas, integritas dan program,"imbuhnya lagi.

Dalam hal ini kita bisa belajar pada Inggris. Di mana Walikota London, Sadiw Khan beragama Islam dan imigran dari Pakistan. Pemilu Mei 2016 Sadiq Khan dari Partai Buruh berhasil mengalahkan Zac Goldsmit dari Partai Konservatif. Safiq Khan memperoleh suara sekitar 57%.

"Fenomena ini menunjukan bahwa warga London dalam memilih pemimpin tidak lagi melihat latar belakang suku, agama dan ras. Tapi kapabilitas, integritas dan program."

"Pilkada di London ini bisa menjadi contoh atau rujukan yang baik untuk pilkada di Indonesia. Dengan harapkan akan lahir pemimpin yang baik. Yang bisa membawa perubahan dan memajukan daerah. Hingga terwujud otonomi daerah yang baik, mandiri dan kuat. Tidak lagi tergantung pada pusat,"pungkasnya. *(Dimas Fery)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • GBrozavetrov

    Мы предлагаем тебе стать сетевым предпринимателем ...

    View Article
  • atap anti panas

    Rumah yang ambruk biasanya terjadi karena kurang kekuatan pada pondasi atau dindingnya ...

    View Article
  • freelancer India

    without difficulty, the object is basically the main-course topic Within this registry ...

    View Article