Pendidikan Layak Ternyata Masih Sebatas Mimpi untuk Siswa tak Mampu

By Redaksi 02 Mei 2018, 22:50:49 WIB | dibaca: 71 pembaca 

Pendidikan Layak Ternyata Masih Sebatas Mimpi untuk Siswa tak Mampu

BOGORnews.com:::Pendidikan merupakan suatu jalan keluar dari jebakan kemiskinan. Pendidikan tak boleh jadi mimpi bagi warga tak mampu.

Tapi, harus bisa memastikan menjadi hak masyarakat miskin. Sebab, melalui dukungan pendidikan, setiap orang bisa memperoleh pekerjaan lebih baik dan meningkatkan taraf kesejahteraan. Demikian dikatakan Calon Walikota (Cawalkot) Bogor, Dadang Iskandar Danubrata. 

“Sejauh ini, pendidikan berkualitas terkesan masih sulit diakses dengan mudah oleh masyarakat tidak mampu. Umumnya di sekolah negeri unggulan, jumlah siswa mampu masih lebih banyak dibanding yang tak mampu,” kata Dadang di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Bogor usai mengikuti upacara Hardiknas di Lapangan Sempur, Rabu (2/5/2018). 

Masih menurut Cawalkot Bogor nomor urut 4, dari hasil blusukannya ke sejumlah tempat, banyak warga yang ditemuinya mengeluhkan, jumlah pelajar dari keluarga kurang mampu terbilang jarang menjadi siswa sekolah unggulan. Padahal di semua sekolah negeri, sudah dibuat ketentuan kuota 20 persen untuk siswa tak mampu. 

“Tapi, faktanya, hampir kebanyakan siswa tak mampu jumlahnya berada dibawah 10 persen di sekolah negeri. Sejatinya, tugas pemerintah daerah bukan hanya meratakan pendidikan berkualitas. Namun, juga memudahkan akses kepada masyarakat miskin untuk dapat masuk ke sekolah berkualitas. Karena, pendidikan merupakan hak mutlak kalangan mpan, menengah dan tak mampu,” tandas Cawalkot Bogor yang berpasangan dengan Sugeng Teguh Santoso. 

Akses pendidikan berkualitas, sebut Dadang, sangat penting. Karena, pendidikan di sekolah atau penyelenggara yang kurang baik tidak akan menghasilkan perubahan terhadap kualitas masyarakat kurang mampu.

"Membangun pemerataan kualitas sumber daya manusia, harus dimulai dari pendidikan. Bicara soal pendidikan, siswa tak mampu harus punya hak yang sama. Bukan sebatas jargon atau semangat, tapi harus dengan pembuktian. Jika system pendidikan yang tak memberikan ruang bagi siswa tak mampu terus berkelanjutan, akan berdampak keluarga pra sejahtera tak akan bisa merubah nasib masa depannnya,” tandas politisi PDI Perjuangan ini. 

Berkaitan dengan peringatan Hardiknas yang jatuh pada hari ini, Dadang juga menambahkan, pemerintah daerah wajib hadir dalam upaya pencerdasan masyarakat. 

“Jika ingin berkomitmen bahwa pendidikan itu hak semua orang, maka siswa tak mampu yang terkendala biaya di sekolah swasta juga harus dibantu oleh pemerintah daerah. Tujuannya, tentu menekan angka putus sekolah. Sebab, masalah yang kerap berulang bagi siswa tak mampu, jika ia belum melunasi biaya sekolahnya, ijazahnya kerap ditahan. Akibatnya, siswa tersebut terkendala mencari kerja atau melanjutkan kuliah,” imbuhnya. 

Saat ditanya apa solusinya? Dadang menjawab, dirinya dan pasangannya, Sugeng Teguh Santoso sudah menyiapkan suatu program pencerdasan anak bangsa jika nantinya dipercaya memimpin Kota Bogor. 

“Selain Program Setara, yang nantinya sebagain diperuntukan untuk membantu siswa tak mampu baik di sekolah negeri maupun swasta melalui tiap RT pada tiap tahunnya, kami juga mensosisliasaikan Kartu Bogor Bersama (KBB). KBB tersebut untuk mendukung kemudahan siswa pra sejahtera mendapatknya haknya untuk sekolah. Harapannya, agar siswa tak mampu tak berulang permasalahannya seperti sebelumnya,” tuntasnya. (Rls/DF) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE