Pemkot Bogor Siap Luncurkan Aplikasi Hibah Bansos

By Redaksi 12 Mar 2018, 21:30:05 WIB | dibaca: 269 pembaca 

Pemkot Bogor Siap Luncurkan Aplikasi Hibah Bansos

Sahabat yaitu Aplikasi Hibah Bansos siap diluncurkan Pemkot Bogor




BOGORnews com ::: Satu lagi pelayanan baru berbasis online diluncurkan Pemerintah Kota Bogor, yaitu Sistem Aplikasi Hibah Bantuan Sosial Terpadu (Sahabat). Layanan ini diluncurkan untuk meningkatkan transparansi publik di bidang bantuan sosial.

“Melalui Sistem Aplikasi Hibah Bansos Terpadu ini anggaran hibah bantuan sosiall ini harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Bogor agar terwujudnya pembangunan masyarakat yang madani di Kota Bogor,” kata  Sekretaris Kota Bogot Ade Sarip Hidayat saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Hibah Bantuan Sosial secara online di Hotel Onih, jalan Paledang, Kota Bogor, Senin (12/03/2018).

Ade mengatakan program kegiatan hibah bantuan sosial secara online ini bisa berjalan secara optimal jika masyarakat dan aparat terkait mendapatkan pemahaman tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

Oleh karena itu, dengan adanya bimbingan teknis ini implementasi sistem hibah bantuan sosial secara online diharapkan dapat mengoptimalkan pengelola/operator hibah bantuan sosial di perangkat daerah.

Sementara itu Kepala Bagian Adkesra Setdakot Bogor Iman  menyebutkan, Sistem Aplikasi Sahabat secara online mengedepankan transparansi. Semua orang bisa mengakses aplikasi ini untuk melihat bantuan hibah bansos.

Bagi penerima hibah bansos yang ingin mengetahui apa kekurangan dan berapa dana yang diterima serta sudah sejauh mana proses pengajuannya bisa dengan cara meng-klik NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Dengan adanya aplikasi Sahabat ini selain bisa membantu pengajuan RTLH dan bisa lebih terencana,” ujar Iman.

Aplikasi Sahabat saat ini kata Iman sudah selesai dirancang dan direncanakan akan diluncurkan akhir Maret 2018. Namun sebelumnya pihaknya akan lebih mensosialisasikannya ke masyarakat.

“Jadi jika ada masyarakat yang akan menggunakan aplikasi tersebut bisa dipandu oleh peserta yang hari ini mengikuti pelatihan,” terangnya.

Selain itu, lanjut Iman, saat ini pihaknya dengan aparat wilayah sedang membuat database Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Dari database ini nanti akan terlihat berapa pengajuan RTLH di setiap Kelurahan.

”Ketika masyarakat mengajukan RTLH maka aparat di Kelurahan akan menginput datanya. Kalau datanya sudah masuk di database maka pengajuan tersebut bisa diproses, tetapi kalau tidak ada dipending (tunda) dulu,” katanya. (rls/red)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article