Muka Tanah Setiap Tahun Semakin Turun, Apa Strategi Mengatasinya

By Redaksi 27 Mar 2018, 19:59:39 WIB | dibaca: 181 pembaca 

Muka Tanah Setiap Tahun Semakin Turun, Apa Strategi Mengatasinya

BOGORnews.com:::Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman bekerjasama dengan Wetlands International Indonesia (WII) mengelar Lokakarya Nasional dengan tema Strategi Pencegahan dan penanggulangan Penurunan Muka Tanah di Lahan Basah Pesisir,  di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat,  Selasa (28/03/2018).

Lokakarya Nasional yang diadakan selama dua hari (27-28 Maret  2018) di Hotel Morrissey, Jakarta, diikuti sekitar  puluhan peserta yang terdiri  ilmuwan,  birokrat,  dan LSM baik dalam dan luar negeri.

Direktur WII, I Nyoman Suryadi putra mengemukakan,  latar belakang lokakarya digelar lantaran keprihatinan pihaknya terkait ancaman terhadap Indonesia sebagai negara kepulauan. 

"Banyak daerah pesisir  yang mengalami penurunan muka tanah (land subsidence) akibat eksploitasi pembangunan dan pembukaan lahan baru untuk perkebunan kelapa sawit,"ujar Nyoman kepada Bogornews. com. 

Turunnya permukaan air tanah untuk daerah perkotaan seperti DKI Jakarta,  Semarang dan Demak akibat daerah pesisir yang banyak dihuni penduduk  dan juga pengambilan air tanah untuk sumur. 

Kondisinya sangat mengkuatirkan, (5 – 15 cm / tahun), sebagai akibat adanya ekstraksi air tanah secara tidak terkendali.  Subsiden di dibeberapa lokasi (seperti Demak) bahkan diikuti oleh tenggelamnya bagian dari desa-desa pesisir. 

"Penurunan permukaan tanah hampir merata seluruh Indonesia. Ini harus menjadi perhatian serius,  tidak hanya bagi pemerintah tapi juga masyarakat."

Ia berharap dengan adanya lokakarya ini dapat memberikan masukan kepada pemerintah terkait strategi yang perlu dilakukan dalam melakukan pencegahan dan penanganan dampak penurunan muka tanah dan akibatnya terhadap infrastruktur serta lahan-lahan pertambakan/ pertanian/perkebunan di wilayah pesisir 

"Dengan demikian kita bisa
mengantisipasi berkurang atau hilangnyanya daratan dan pulau-pulau kecil di pantai Timur Sumatera dan tenggelamnya daratan di Pantura Jawa akibat subsidence."

"Kita juga bisa mencari solusi yang tepat untuk menanggulangi dampak subsiden di dataran rendah pesisir yang bergambut dan/atau bermagrove. Disamping langkah-langkah strategi  untuk mengurangi dan mengatasi laju penurunan muka tanah khususnya untuk kawasan pesisir, "pungkasnya.  (Dimas Fery). 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • jual hair fiber

    benar sekali itu. jika harus berurusan dengan kesehatan ada baiknya selalu memanfaatkan ...

    View Article
  • Dr. louis

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ...

    View Article
  • hgh Supplements from Amazon

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE