Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Jangan Lupa Bawa Kartu JKN-KIS

By Redaksi 04 Jun 2018, 23:30:50 WIB | dibaca: 191 pembaca 

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Jangan Lupa Bawa  Kartu JKN-KIS

BOGORnews.com:::Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Nah,  bagi Anda yang mempunyai rencana untuk mudik ke kampung halaman, pastikan Anda selalu membawa  kartu JKN-KIS.  

Sebab dengan membawa kartu JKN-KIS, Anda tetap akan mendapatkan akses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 

Hal tersebut dikemukakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Yerry Gerson Rumawak dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS, Senin (4/6/2018).

"Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir
saat libur lebaran tahun 2018, tepatnya H-8 atau 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri. Meski pun peserta tidak terdaftar di FKTP,"ujarnya.

"Misalkan peserta terdaftar di Bogor, bisa mendapat akses pelayanan kesehatan di luar domisili berdasarkan indikator medis. Begitu sebaliknya, peserta akan dijamin dan dilayani.  Fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran dari peserta,"jelasnya lagi. 

Hanya saja,  lanjutnya, akses pelayanan kesehatan hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status ke pesertaan aktif. 

"Mohon agar peserta memastikan telah membayar iuaran dan disiplin membayar iuaran agar status ke peserta an aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi 
Mobile JKN. Di Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,"jelasnya. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor,  Rubaeah yang hadir dalam konferensi pers bersama Kepala Puskesmas Tanah Sareal, Maria Yuliana menegaskan,  pihaknya siap melayani masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan saat lebaran nanti. 

"Kami telah menyiapkan lima Puskesmas rawat inap dan delapan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar atau PONED. Kami siap melayani selama 24 jam,"terangnya. 

Selama masa cuti lebaran (11-20 Juni), 9 Puskesmas akan tetap akan melayani masyarakat.  Kesembilan puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Tanah Sareal, Bogor Tengah, Cipaku, Tegal Gundil, Bogor Utara, Sindang Barang, Mekar wangi, Bogor Selatan dan Pasir Kuda. 

"Khusus tanggal 11-20 Juni, Puskesmas buka dari pukul 8 pagi hingga 12 siang. Sementara tanggal 15-16, pasien akan dilayani di bagian IGD."

"Terpenting masyarakat tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan seperti biasa,  tidak ada yang dikurangi. Hanya waktunya saja," pungkasnya. (DimasFery) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • jual hair fiber

    benar sekali itu. jika harus berurusan dengan kesehatan ada baiknya selalu memanfaatkan ...

    View Article
  • Dr. louis

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ...

    View Article
  • hgh Supplements from Amazon

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE